Desa Sekonau Deklarasi Stop Buang Air Besar Sembarangan

199

SEKADAU-KALBAR, BERITAANDA – Bupati Sekadau Rupinus resmi membuka deklarasi open defecation free (ODF) stop buang air besar sembarangan (BABS) di Desa Sekonau Kecamatan Sekadau Hulu, Selasa (10/9/19).

Kades Sekonau Yosef menjelaskan, bahwa desanya secara geografis terletak di pinggir sungai. Karena itulah, diharapkan ODF bisa membantu mengubah pola hidup masyarakat menjadi lebih baik dalam memperhatikan kesehatannya, terutama masalah buang air besar sembarangan.

“Masyakarat Sekonau kini berkomitmen membangun jamban, karena sebelumnya masih banyak warga yang belum memiliki jamban keluarga,” ujar Yosef.

Plt Camat Sekadau Hulu, Uden mengatakan, Desa Sekonau merupakan desa pertama yang menyelenggarakan deklarasi ODF.

“Dengan deklarasi ini menjadi contoh untuk desa-desa di Sekadau Hulu agar mampu melaksanakan kegiatan stop BABS,” kata Uden.

Kadis Kesehatan ST Emanuel SKM juga menyampaikan, bahwa kesehatan merupakan hak setiap orang.

“Faktor lingkungan yang sehat bisa mempengaruhi kesehatan keluarga. Untuk itu, jika ingin keluarga kita sehat, masyarakat juga harus bisa mewujudkan lingkungan yang sehat,” pesan ST Emanuel SKM.

Bupati Sekadau Rupinus menambahkan, sanitasi atau kesehatan lingkungan merupakan faktor terbesar yang mempengaruhi derajat kesehatan masyarakat.

“Dengan menyediakan air bersih, mempunyai jamban keluarga, mengelola sampah dengan benar, dan mempunyai sarana pembuangan limbah, didukung dengan perilaku hidup bersih dan sehat, maka akan menciptakan keluarga yang sehat,” pesan Rupinus.

“Juga diharapkan dengan deklarasi ini, masyarakat terus meningkatkan pola hidup sehat,” pungkas Rupinus. (Arni)

Bagaimana Menurut Anda