Darma Wijaya: Pelatihan Vocational Untuk Mendukung Perkembangan Ekonomi Masyarakat

122

SERGAI-SUMUT, BERITAANDA – Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) Sumatera Utara mengadakan pelatihan vocational daerah perbatasan dari tanggal 18 sampai 20 Juli 2019 yang diselenggarakan di aula Then Park Pantai Cermin Sergai, Kamis (18/7/2019).

Wakil Bupati Sergai H. Darma Wijaya mengatakan bahwa pelatihan vocational atau pendidikan kejujuran sangat diperlukan untuk mendukung pengembangan ekonomi masyarakat. Karena saat ini pemerintah fokus untuk membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa sesuai dengan nawacita dan instruksi Presiden RI terkait pengembangan SDM.

“Pelatihan di daerah perbatasan, khususnya bagi masyarakat Kecamatan Tanjung Beringin difokuskan pada pelatihan kerajinan membatik (batik tulis dan cap) serta pembuatan tas berbahan baku lidi. Hal ini didasari kerena berlimpahnya bahan baku pewarna alami untuk bahan pewarna batik yang berasal dari pohon mangrove dan mengkudu yang banyak terdapat disepanjang pesisir pantai dan dataran di wilayah Serdang Bedagai,” jelas dia.

Dengan dilaksanakannya kegiatan ini, kata dia, diharapkan dapat dikembangkan sebagai salah satu potensi pengembangan tingkat kesejahteraan masyarakat dengan terus melalukan diservikasi produk yang bersumber dari bahan baku yang di wilayah Tanjung Beringin.

“Semoga dengan kegiatan ini dapat diimplementasikan dan menjadi inspirasi untuk meningkatkan usaha menjadi lebih krearif dan inovatif. Dan kepada para pelaku yang akan memulai usaha agar tidak mudah menyerah, karena berusaha tidak semudah yang kita bayangkan. Maka dari itu, kita harus bekerja keras untuk mencapai kesuksesan,” tutup Darma Wijaya.

Sementara Kepala Dinas (Kadis) Ketenagakerjaan, Koperasi dan Usaha Mikro Nasrul Aziz pada laporannya menyebutkan bahwa, para peserta pelatihan vocational daerah perbatasan ini terdiri atas dua bidang, yaitu pelatihan kerajinan membatik berjumlah 30 orang dan pelatihan pembuatan tas berbahan baku lidi yang diikuti sebanyak 30 orang.

“Peserta berasal dari anggota koperasi dan UMKM di Kecamatan Tanjung Beringin yang merupakan lokasi prioritas perbatasan,” jelas dia.

Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Manusia Ginda P. Siregar SH menambahkan, daerah perbatasan sebagai beranda terdepan ekonomi bangsa, dan salah satu langkah untuk mengembangkan prekonomian bangsa adalah dengan membangun SDM yang baik.

“Dengan pelatihan ini kami berharap generasi muda yang berjiwa kreatif akan terus bermunculan agar dapat mengembangkan potensi daerah,” pungkas dia. (Dipa)

Bagaimana Menurut Anda