Dari Isu LGBT Hingga Motor Sering Raib, Coreng Nama Baik Puskesmas Pedamaran OKI

2571

KAYUAGUNG-OKI, BERITAANDA – Beberapa bulan belakangan ini, santer terdengar sejumlah isu yang tidak sedap menerpa Puskesmas Pedamaran Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) Sumsel. Mulai dari lambannya pelayanan hingga masalah moralitas pegawai penganut sesama jenis (LGBT) yang dilakoni petugas puskesmas ini sendiri. Bahkan, perbuatan asusila lesbianisme tersebut sempat terekam dalam video yang sempat menjadi viral di kalangan tertentu.

Persoalan lainnya, yakni keamanan kendaraan menambah carut-marut puskesmas yang berada di Desa Pedamaran IV Kecamatan Pedamaran Kabupaten Ogan Komering Ilir ini. Tercatat, dalam 3 bulan belakangan, setidaknya 2 unit sepeda motor milik warga yang berobat maupun kepunyaan staf puskesmas turut digondol maling.

Menelisik lebih jauh, salah seorang warga Pedamaran yang enggan disebut namanya membeberkan, carut-marut persoalan puskesmas ini sangat disayangkan terjadi. Menurut pria paruh baya ini, puskesmas yang telah mengantongi akreditasi tingkat madya sewaktu dipimpin kepala puskesmas Tetri Rahmawati, sudah selayaknya memberikan pelayanan prima bagi warga yang hendak berobat.

“Seharusnya stafnya cepat tanggap, bukan malah berkeliaran saat jam kerja. Kalau tidak disiplin begitu, bagaimana masyarakat memperoleh pelayanan kesehatan dengan baik,” ungkapnya, Jumat (3/5/2019).

Ia bahkan menilai, dirinya yang kerap mengantarkan keluarganya berobat ini mengaku kecewa akibat terlalu sering menunggu dilayani petugas.

“Kalau berobat, lama sekali menunggu pegawainya. Mereka lebih sering keluar, ketimbang berjaga di puskesmas. Belum lagi sekarang ini, puskesmas sudah tidak aman lagi. Banyak yang hilang motor,” keluhnya.

Harapannya sebagai masyarakat, lanjutnya, semoga Puskesmas Pedamaran betul – betul maju. Karena kami ini orang susah, kalau sakit pasti ke pelayanan terdekat. Jadi tolong perhatikan dan beri kenyamanan kepada kami.

Berbeda dengan dahulu, dibandingkannya, saat ada sosok putri daerah Pedamaran asli Tetri Rahmawati yang kala itu menjabat Kepala Puskesmas. Pelayanan jauh lebih baik, begitu rapi, bersih, elok dan nyaman. Kegiatannya pun banyak dan mengutamakan kepentingan masyarakat.

Kapolsek Pedamaran IPTU RC Tarigan mengaku sudah mendengar kabar maraknya kehilangan motor di lahan parkir puskesmas. Ia mengaku, meskipun tidak ada laporan warga, namun dirinya tetap menerjunkan personel melakukan penyelidikan.

“Meski begitu, hendaknya pengamanan di puskesmas diperketat lagi. Selain menempatkan petugas parkir, tidak salahnya juga jika menambahkan perangkat CCTV,” terangnya.

Sementara itu hingga berita diturunkan, Kepala Dinas Kesehatan OKI HM Lubis belum dapat dikonfirmasi saat dihubungi melalui chat Whatsapp maupun sambungan telepon. (Iwan)

Bagaimana Menurut Anda