Dankormar Hadiri Hari Dharma Samudera di KRI Banda Aceh

751

JAKARTA, BERITAANDA – Komandan Korps Marinir Mayjen TNI (Mar) Suhartono M.Tr (Han) menghadiri peringatan Hari Dharma Samudera 2019 dan doa bersama dalam rangka mengenang pertempuran Laut Arafuru, di Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) Tanjung Priok, Jakarta Utara, Selasa (15/1/2019).

Dalam acara tersebut, Kepala Staf TNI Angkatan Laut Lasamana TNI Siwi Sukma Adji SE MM menyampaikan pertempuran Laut Arafuru yang berlangsung heroik yang terjadi pada 15 Januari 1962. Dimana tiga kapal ALRI yaitu RI Harimau, RI Matjan Tutul dan RI Matjan Kumbang berjibaku melawan tiga kapal kombatan utama dan sebuah pesawat udara AL Belanda.

Pertempuran memberikan keteladanan tentang nilai dan semangat kejuangan, yakni sikap ksatria, rela berkorban, dan tidak pernah gentar menghadapi musuh dalam mempertahankan wilayah.

“Nilai-nilai kejuangan ini harus diwarisi seluruh prajurit TNI AL, agar tetap tegar dan pantang menyerah dalam menghadapi berbagai tantangan seiring dengan perkembangan teknologi yang begitu pesat,” dalam sambutannya.

Acara dilanjut dengan melihat pemutaran film saat para pahlawan melaksanakan pertempuran di Laut Arafuru, supaya para prajurit dapat mengaktualisasikan nilai-nilai kejuangan dan keteladanan yang telah diwariskan para pejuang terlebih dahulu.

Hal tersebut sangat diperlukan guna mewujudkan TNI AL yang profesional dan modern seperti berkemampuan proyeksi regional dan berkomitmen global. (Katrine)

Bagaimana Menurut Anda