Bupati Tapsel Tinjau Pospam, 2 Orang Pengemudi Positif Gunakan Narkoba

454

TAPSEL-SUMUT, BERITANDA – Menjelang perayaan Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah, Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel) H. Syahrul M Pasaribu turun langsung meninjau beberapa pos pengamanan (pospam) Operasi Ketupat Toba 2019 yang ada di wilayah hukum Polres Tapsel, Senin (3/6/2019).

Dalam kunjungannya, turut mendampingi bupati yaitu Dandim 0212/TS Letkol Inf. Akbar Nofrizal Yusananto, Kapolres Tapsel AKBP Irwa Zaini Adib, Ka. BNNK Tapsel AKBP Siti Aminah Siregar, Kadis Perhubungan Aji Hatorangan, Kaban Kesbangpol Hamdy S. Pulungan, Kadis Kesehatan dr. Sri Khairunnisa, Kasat Pol PP Zulkifli Harahap dan Kabag Humas dan Protokol Isnut Siregar.

Rute kunjungan pertama diawali dari depan kantor Dinas Perhubungan Tapsel di Desa Marisi Kecamatan Angkola Timur. Disini dilakukan pemeriksaan tes urine oleh petugas BNNK Tapsel kepada sejumlah sopir bus dan supir minibus untuk menekan angka kecelakaan akibat human error.

Pantauan di lapangan, tampak petugas BNNK Tapsel dan Satres Narkoba Polres Tapsel tengah mendata sebagian sopir bus dan minibus, dan seterusnya bagi sudah didaftar diberikan sample urine kepada petugas untuk kemudian dilakukan tes kandungan urinenya.

Hasilnya, dua (2) orang pengemudi didapati positif menggunakan narkoba jenis sabu dan ganja. Pengemudi positif menggunakan sabu bernama Antoni Nasution, warga Desa Sibongbong Kecamatan Angkola Timur. Sedangkan yang menggunakan ganja bernama Adi Putra Harahap, berdomisili di Komplek Bukit Permai Desa Gue Gajah.

Dikesempatan itu, bupati menghimbau kepada setiap pengguna jalan raya, khususnya kepada para pengemudi, untuk tetap waspada dan jangan lengah saat berkendara. Jika lelah, segera istirahat di pospam dan pelayanan yang telah disediakan.

“Ingat, keluarga anda menanti di rumah untuk bersilaturahmi. Hati-hati di jalan dan budayakan tertib berlalu lintas demi keselamatan bersama,” pesan Syahrul kepada para pengendara.

Bagi kedua pengemudi yang hasil test urinenya dinyatakan positif mengandung narkoba, ungkap Syahrul, seterusnya akan ditindaklanjuti oleh pihak kepolisian dan petugas BNNK.

Bupati beserta rombongan pun melanjutkan kunjungan ke pospam Pal Sabolas Kecamatan Angkola Timur dan Aek Latong, Sipirok. Saat meninjau sejumlah pospam tersebut, Syahrul menyatakan apresiasinya kepada pihak kepolisian, TNI, Satpol PP, tenaga medis serta pegawai Damkar.

Selain itu, dia juga membagikan paket bingkisan ke sejumlah petugas pospam berupa minuman kaleng, mineral, makanan ringan, indomie dan uang. Hal itu untuk mendukung dan memotivasi kelancaran tugas personil pospam lebaran 2019.

“Dengan adanya pos pengamanan ini, para pemudik juga dapat beristirahat sejenak dan sekaligus dapat melakukan pemeriksaan kesehatan,” sebut Syahrul.

Pemkab Tapsel juga menurunkan tenaga kesehatan, Dinas Perhubungan, Satpol PP dan petugas Damkar untuk membantu kegiatan pengamanan dalam melayani mudik lebaran 2019.

Disamping itu, ambulans dari Dinkes setempat juga diterjunkan, dan yang terpenting petugas akan berjaga selama 24 jam untuk melayani masyarakat dan mengatur arus lalu lintas. Sehingga arus mudik menjelang hari raya Idul Fitri dapat berjalan dengan aman dan lancar.

“Kita berharap, kunjungan ini dapat memberikan semangat terhadap para personel pam, dalam menjalankan tugas mulianya,” tutup Bupati Tapsel. (Anwar)

Bagaimana Menurut Anda