Bupati Sokhiatulo Laoli Umumkan 1 Orang Warga Nias Positif Covid-19

26

NIAS-SUMUT, BERITAANDA – Ketua Tim Gugus Tugas sekaligus Bupati Nias Sokhiatulo Laoli mengumumkan adanya 1 orang warga Kabupaten Nias positif Covid-19, Rabu (26/8/2020).

“Berdasarkan hasil pemeriksaan swab TCM (Tes Cepat Molekuler) di RSUD Gunungsitoli pada 25 Agustus 2020, terdapat 1 warga Kabupaten Nias berinisial WW umur 40 tahun jenis kelamin laki-laki, pekerjaan PNS di kantor Camat Hiliduho, alamat Desa Ononamolo I Bot Kecamatan Hiliduho terkonfirmasi positif Covid-19 dengan gejala dan penyakit penyerta,” ucap Sokhiatulo saat melakukan konferensi pers yang berlangsung di ruang lobi kantor Bupati Nias.

Bupati memaparkan, pasien WW telah dirawat sejak tanggal 18 sampai 21 Agustus di RSUD Gunungsitoli. Namun karena menderita sesuatu penyakit pada tanggal 21 Agustus pasien keluar dari RS dengan alasan mengikuti pengobatan tradisional di kampung.

Selanjutnya, pada tanggal 22 Agustus 2020, pasien dibawa keluarga ke RSU Bethesda, dan sesuai prosedur dilakukan rapid test sebanyak dua kali dengan hasil reaktif. Pihak RSU Bethesda tidak jadi merawat pasien dan menganjurkan membawa ke RSUD Gunungsitoli untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. Namun pasien tidak langsung dibawa keluarga ke RSUD Gunungsitoli melainkan ke rumah.

“Saat ini pasien sedang di isolasi di RSUD Gunungsitoli karena termasuk kategori komorbid (ada gejala demam, batuk, sesak dan ada penyakit penyerta). Kemudian melakukan tracking dan rapid test terhadap keluarga serta orang-orang yang pernah kontak dengan yang bersangkutan, melakukan penyemprotan disinfektan di lokasi yang pernah dikunjungi yang bersangkutan 2 pekan terakhir,” imbuhnya.

Di akhir penyampaiannya, orang nomor satu di Kabupaten Nias itu mengajak masyarakat mencegah Covid-19 yang dimulai dari diri sendiri, tidak menganggap remeh dan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Menurut Sokhiatulo Laoli, hingga saat ini terdapat 3 orang pasien yang berada di dalam ruang isolasi.

Adapun pasien terkonfirmasi positif Covid-19 hingga pada saat ini antara lain dari Kabupaten Nias Utara 7 orang, Kabupaten Nias 1 orang, Kabupaten Nias Barat 1 orang, Kota Gunungsitoli 17 orang dan hari ini pihak RSUD masih melakukan pengecekan terhadap beberapa orang yang memiliki hasil pemeriksaan reaktif. [Ganda]

Bagaimana Menurut Anda