Bupati Soekirman Sambut Kedatangan Tim Penilai Final Kecamatan Terbaik dari Pemprov Sumut

232

SERGAI-SUMUT, BERITAANDA – Kedatangan Tim Penilai Final Kecamatan Terbaik dari Provinsi Sumatera Utara disambut Bupati Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), di aula Sultan Serdang komplek kantor bupati setempat, Selasa (26/11/2019).

Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir. H. Soekirman mengatakan bahwa kunjungan kedua ini merupakan penilaian tahap final, setelah sebelumnya pada bulan lalu (29 Oktober 2019) tim penilaian hadir di kantor Camat Sei Rampah.

Kehadiran bupati sangat memberikan makna yang berbeda, khususnya terkait upaya Pemkab Sergai untuk senantiasa meningkatkan kapasitas dan mendorong aktivitas dengan cara berkompetisi yang sehat antara camat beserta aparatnya. Dan ini juga menjadi momentum untuk pembinaan kader pimpinan pemerintahan untuk masa depan dalam memberhasilkan tugas-tugas pemerintah untuk masa depan dalam tugas-tugas pemerintah, pembangunan dan kemasyarakatan serta merangsang masyarakat agar semakin bergairah menyukseskan pembangunan di wilayahnya.

Bupati menginformasikan jika tujuan dari penilaian kecamatan terbaik ini dilaksanakan setiap tahun adalah sebagai alat evaluasi pemerintah terhadap kinerja kecamatan. Bupati mengingat kembali kunjungan tim ini sebelumnya ke kantor Camat Sei Rampah yang merupakan kecamatan terbaik di Sergai tahun 2019, sehingga didapuk sebagai duta Kabupaten Sergai untuk mengikuti penilaian kecamatan terbaik tingkat Provinsi Sumut 2019.

Bupati memuji beberapa aspek penting yang membuat Kecamatan Sei Rampah layak disodorkan sebagai kandidat kuat kecamatan terbaik. Aspek-aspek itu, sebut bupati, antara lain pemberdayaan masyarakat dalam pembangunan di desa, stabilitas keamanan dan ketertiban, partisipasi masyarakat, pemerintahan kecamatan dapat mewujudkan sinergitas antara pemerintahan kecamatan dengan seluruh komponen yang ada di kecamatan.

“Adapun inti dari penilaian kecamatan terbaik adalah menilai kemampuan camat melaksanakan tugas-tugas pemerintahan, pembangunan dan menggerakkan partisipasi swadaya gotong-royong masyarakat serta penilaian kekompakan antara aparat dan masyarakat, mulai dari tingkat kecamatan sampai ke tingkat desa, dengan tujuan untuk menguatkan kerukunan masyarakat, melalui partisipasi, kerjasama serta kemandirian masyarakat dalam pembangunan desa,” jelas dia.

Dalam tim penilai ini terdiri dari Kabag Pertanahan dan Perbatasan Provinsi Sumut Drs. Ervan Gani P. Siahaan, M.Si, Kabag Penyelenggara Otonomi Daerah Provinsi Sumut Joni Irinanto, SH, perwakilan Bappeda Provinsi Sumut Amir Mahmud, perwakilan Kesbangpol Provinsi Sumut Putra Landri Sitepu dan perwakilan PMD Provinsi Sumut Qammarruzam.

Dihadiri pula Ketua TP PKK Sergai Ny. Hj. Marliah Soekirman, Ketua DWP Ny. Uke Retno Wahyuni Faisal Hasrimy, Asisten Admum H Karno Siregar SH MAP, para kepala OPD, camat se-Sergai, unsur muspika, FKUB dan peserta pameran UMKM. (Dipa)

Bagaimana Menurut Anda