Bupati Nias Pimpin Rapat Penyusunan LKPD, LKPJ, LAKIP dan LPPD Tahun Anggaran 2020

12

NIAS-SUMUT, BERITAANDA – Pemerintah Kabupaten Nias melaksanakan pertemuan percepatan penyusunan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD), Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ), Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP) dan Laporan Atas Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (LPPD) Pemerintah Kabupaten Nias tahun anggaran 2020.

Pertemuan yang dipimpin Bupati Nias, Drs. Sokhiatulo Laoli, MM ini digelar di ruang serbaguna Kantor Bupati Nias, lantai tiga, Rabu (6/1).

Bupati Nias menjelaskan, pertemuan penyusunan LKPD, LKPJ, LAKIP dan LPPD merupakan laporan yang setiap tahunnya harus diselesaikan oleh seluruh pemerintah daerah, baik di tingkat provinsi maupun di tingkat daerah di seluruh Indonesia.

“LKPD merupakan gambaran tentang kondisi dan kinerja pengelolaan keuangan daerah selama satu tahun anggaran yang wajib disajikan secara transparan dan akuntabel,” kata dia.

Paparnya, sejak tahun 2014 – 2019, laporan keuangan daerah Kabupaten Nias mendapat predikat opini wajar dengan pengecualian (WDP) dari Badan Pemeriksaan Keuangan Republik Indonesia (BPK RI).

“Dalam 2 tahun terakhir, LPPD Kabupaten Nias menunjukkan peningkatan. Dan harapan kita bersama bahwa LKPD Kabupaten Nias pada 2020 mendapat opini WTP,” terang bupati.

Bupati mengharapkan kepada perangkat daerah untuk dapat menyelesaikan dengan cepat penyusunan keempat laporan tersebut.

“Sekali lagi kami tekankan kepada seluruh perangkat daerah untuk bergerak cepat dalam menyelesaikan penyusunan keempat laporan dimaksud sebelum batas tanggal penyerahan sesuai surat yang telah diedarkan serta tetap berkoordinasi dengan unit kerja yang menangani,” imbau bupati.

Turut hadir dalam kegiatan itu antara lain Sekretaris Daerah Kabupaten Nias, para kepala perangkat daerah para camat dan para undangan lainnya. [Ganda]

Bagaimana Menurut Anda