Bupati Nias: Kades yang Baru Dilantik Diharapkan Bisa Jadi Pemimpin Visioner

17

NIAS-SUMUT, BERITAANDA – Bupati Nias Yaatulo Gulo SE SH M.Si melantik kepala desa (kades) antar waktu terpilih, bertempat di ruang serba guna lantai tiga kantor Bupati Nias, Senin (10/1).

Kades yang dilantik yakni Khristian Lombu sebagai Kades Hilibadalu Kecamatan Sogaeadu, Fatolosa Waruwu sebagai Kades Fadoro Hunogoa Kecamatan  Hiliserangkai, Apelman Syukur Gulo sebagai Kades Sitolubanua Kecamatan bawalato.

Bupati Nias menyampaikan bahwa kepala desa antar waktu terpilih telah melalui pemilihan dan musyawarah desa, juga telah mendapatkan simpati masyarakat yang dipercaya untuk mengemban amanah sebagai kepala desa.

“Strategi kedudukan yang dimiliki oleh kepala desa sebagai penyelenggara pemerintahan desa untuk memperoleh pengetahuan yang baik dan memahami kebutuhan desa dan masyarakatnya, sehingga mampu mengakomodasi semua kepentingan dan aspirasi masyarakat,” ujar Bupati Nias.

Selanjutnya, Bupati Nias berharap kepada kepala desa agar menjadi pemimpin yang visioner, menjawab tantangan pembangunan, menerima kritik dan saran, mau menunjukkan partisipasi dan peran aktif masyarakat, serta memberikan pelayanan yang prima.

“Kepala desa antar waktu yang masa jabatannya adalah melanjutkan sisa masa jabatan kepala desa sebelumnya dan tidak perlu menyusun RPJMDESA, melainkan menjalankan RPJMDESA yang telah disusun sebelumnya. Inilah yang menjadi pembeda pada sistem pilkades antar waktu dengan pilkades reguler secara serentak,” ungkap Bupati Nias.

Mengakhiri sambutannya, Bupati Nias berpesan kepada kepala desa agar tunduk dan patuh serta berpedoman pada peraturan perundang-undangan yang berlaku dalam pengambilan keputusan, cepat/tetap/fokus dalam bekerja, memenuhi janji kepada masyarakat, menyusun dan menetapkan apbdes, membangun dan komunikasi dan kerja sama yang baik untuk BPD dan warga.

“Kepada saudara camat diharapkan untuk segera melaksanakan dan memfasilitasi pelaksanaan serah terima jabatan bagi kepala desa di masing-masing kecamatan sehingga kepala desa yang baru dilantik dapat segera mulai bekerja,” imbau Bupati. (Ganda)

Bagaimana Menurut Anda