Bupati Nias Buka Kegiatan TNI TMMD di Pantai Tagaule Onolimbu

174

NIAS-SUMUT, BERITAANDA – Pembuka kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-104 tahun 2019 Kodim 0213 Nias di Pantai Tagaule Onolimbu, Kecamatan Bawolato, Kabupaten Nias. Bupati Nias Drs Sokhiatulo Laoli MM bertindak sebagai inspektur upacara, Selasa (26/2/2019).

Dalam amanatnya, Bupati Nias menyampaikan ucapan terimakasih kepada Pangdam I/BB, Danrem 023/KS dan Dandim 0213/Nias yang telah memprogramkan pelaksanaan TMMD ke-104 di wilayah Kabupaten Nias.

“Ini merupakan bukti konkrit dari kemanunggalan TNI dalam membangun desa bersama dengan masyarakat,” jelas bupati.

Kata bupati, program TMMD di wilayahnya merupakan wujud Nawacita yaitu membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka NKRI.

“Program TMMD merupakan kegiatan lintas sektoral, yang bertujuan membantu pemerintah daerah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui kegiatan pembangunan yang bersifat fisik maupun non fisik. Sehingga dengan kebersamaan dan gotong-royong pemerintah daerah serta masyarakat dalam kegiatan TMMD yang dilaksanakan akan memberikan kontribusi yang luar biasa dalam mempercepat pembangunan dan keterisoliran wilayah sekaligus wujud percepatan ekonomi cepat tumbuh,” terang bupati.

Dandim 0213/Nias Letkol Inf. Y. Reymond RS Purba SH MTr (Han) menyampaikan kesiapan serta waktu pelaksanaan, sasaran fisik dan non fisik serta personel Satgas dan dukungan anggaran TMMD ke-104 tahun 2019 tersebut.

Kegiatan dilaksanakan mulai 26 Februari hingga 27 Maret 2019 di Desa Tagaule dan Balale Tobaa Kecamatan Bawalato Kabupaten Nias. Sasaran pembukaan jalan dari Desa Tagaule menuju Desa Balale Toba’a sepanjang 6.000 meter dan lebar 20 meter, penggalian parit kanan-kiri jalan sepanjang 12.000 meter, lebar 2 meter dan dalam 1,5 meter, serta pengecatan masjid dan gereja.

“Sedangkan sasaran non fisik meliputi penyuluhan, wasbang, bela negara, kamtibmas dan narkoba, hukum, BKKBN, kesehatan, pertanian, perikanan, lingkungan hidup, PKK, mitigasi bencana dan penyuluhan kegiatan keagamaan. Satgas TMMD 150 orang dan anggaran dari APBD Pemkab Nias sebesar Rp1.550.000.000, serta dari komando atas sebesar Rp360.500.000,” jelas Dandim. (Ganda)

Bagaimana Menurut Anda