Bupati Iskandar Berikan Hewan Ternak Untuk Eks Napi Teroris

659

KAYUAGUNG-OKI, BERITAANDA – Para mantan narapidana (napi) biasanya mengalami hambatan ketika akan kembali hidup normal berdampingan dengan masyarakat. Apalagi napi yang pernah tersangkut kasus terorisme. Tak sedikit masyarakat yang masih belum bisa menerima kehadiran mereka, meskipun mereka sudah bertaubat dan menjalani hukuman.

Berbeda di OKI, Bupati H. Iskandar SE memberi perhatian langsung kepada para mantan kombatan ini. Bupati memberi bantuan kepada mereka berupa hewan ternak agar mampu menata hidup baru dan bebas dari radikalisme.

“Kebetulan Pak Bupati mengetahui bahwa Pak Ani Sugandhi pernah memelihara kambing, maka beliau berikan kambing. Bupati sangat antusias untuk membantu ketiganya,” ungkap Kepala Badan Kesbangpollinmas OKI H. Ambiah didampingi Kapolsek Lempuing AKP Bustomi dan Kakorwil V Binda Sumsel, Toni, saat menyerahkan bantuan ternak dari Bupati OKI kepada 3 orang eks napiter (mantan kombatan), Ani Sugandi, Ali Mashudi dan Kgs Muhammad Toni, di Desa Bumi Arjo Kecamatan Lempuing OKI, Kamis (21/11/2019).

Ambiah mengungkapkan, bantuan ini sebagai modal untuk meningkatkan kesejahteraan eks napi teroris (napiter) di desa itu. “Jangan dinilai dari harganya. Mudah-mudahan dengan bantuan ternak ini dapat berkembang dan membantu,“ jelas Ambiah.

Camat Lempuing, Sujito, berpesan kepada ketiganya untuk selalu setia NKRI dan Pancasila. “Sebagai warga negara kita harus setia kepada NKRI dan Pancasila, dan kembali sebagai negara kesatuan Indonesia,” ujarnya.

Sementara eks napiter, Ani Sugandi mengungkapkan, bahwa saat ini mereka sudah benar-benar kembali ke NKRI dan setia kepada Pancasila.

“Saat ini kami telah hidup bersih dan telah kembali ke jalan yang benar menjunjung Pancasila,” ujar dia. Tidak hanya itu, tambah Sugandi, dia dan kedua rekannya saat ini aktif sebagai pengurus ranting Muhammadiyah.

“Sebagai keluarga Muhammadiyah, saya selalu mensosialisasikan empat pilar kebangsaan kepada masyarakat,” ujarnya.

Sugandi juga berterima kasih atas bantuan yang diberikan Bupati OKI. Dia berjanji untuk memelihara hewan ternak tersebut dengan baik agar bisa berkembang.

“Terimakasih, bantuan Pak Bupati sangat membantu perekonomian kami,” pungkas dia. (Iwan)

Bagaimana Menurut Anda