Bupati dan Wabup Sekadau Panen Perdana Padi serta Launching Bumdes Rawak Hilir

253

SEKADAU-KALBAR, BERITAANDA – Bupati Sekadau Rupinus didampingi wabup, Sabtu (9/2/2019) pagi, melaksanakan panen perdana padi di Poktan Sebokat Komplek dan launching Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Desa Rawak Hilir Kecamatan Sekadau Hulu.

Sekcam Sekadau Hulu, Udin menjelaskan, bahwa di Sekadau Hulu baru 3 desa yang memiliki Bumdes.

Mengenai Bumdes Rawak Hilir yang di launching, Udin berharap pengelolaannya dapat dijalankan dengan baik dan dapat mensejahterakan masyarakat.

“Semoga bisa mencapai target omset yang diinginkan, dapat meningkatkan unit usaha, serta melakukan kerjasama dengan pihak ke tiga,” pinta Udin.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan dan Pemerintahan Desa Bayu Dwiharsono menegaskan, bahwa Bundes didasari pada UU No 6 Tahun 2014 tentang desa yang di dalamnya memberikan kewenangan, khusus pada desa dan diikuti pendanaan yang besar.

“Sejak tahun 2015, pendanaan dana desa secara khusus oleh pemerintah pusat semakin tahun semakin besar,” kata Bayu.

Komitmen pemerintah pusat tersebut diikuti komitmen daerah yang memberikan ADD yang besar pula  seiring dengan peningkatan APBD. Sementara syarat pendirian Bumdes utama adalah regulasi berupa peraturan desa tentang Bumdes dan harus adanya perdes penyertaan modal.

“Desa yang belum membuat Perdes Bumdes dan penyertaan modal agar, segara membuat sebagai regulasi dasar,” pintanya.

Ditempat yang sama, Bupati Sekadau Rupinus menyatakan, Bumdes dalam pengelolaanya mencari provit atau keuntungan untuk biaya pengelolaan dan gaji pengurus Bumdes.

“Bumdes juga harus menyediakan alat – alat pertanian yang susah didapat petani. Usaha-usaha Bumdes juga diminta mengakomodir kepentingan administrasi di desa dan masyarkat umum,” saran bupati.

Dalam kegiatan ini, dilakukan simbolis panen perdana serta penyerahan besar padi sawah yang sudah dikemas oleh Direktur Bumdes Rawak Hilir Abang Ridwansyah kepada Bupati Rupinus dan Wakil Bupati Aloysius, serta pengguntingan vita bangunan usaha Bumdes oleh bupati.

Pasca kegiatan seremonial, bupati dan wakil bupati serta unsur terkait melakukan peninjauan usaha Bumdes. Dalam momentum ini, bupati dan wakil bupati juga berbelanja beberapa alat kebutuhan pertanian di Bumdes Rawak Hilir. (Arni)

Bagaimana Menurut Anda