Bertambah Lagi 2 Orang, Total Positif Covid-19 di OKI Jadi 30 Kasus

154

KAYUAGUNG-OKI, BERITAANDA – Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) Sumatera Selatan, Iwan Setiawan, SKm M.Kes mengungkapkan, bahwa per 17 Mei 2020 yang positif corona di OKI bertambah 2 orang. Dengan begitu, total positif Covid – 19 menjadi 30 orang.

“Berdasarkan hasil realese dari Tim Gugas Provinsi Sumatera Selatan bahwa ada penambahan sebanyak 2 orang. Sehingga saat ini total positif Covid-19 di wilayah OKI berjumlah 30 kasus,” terang Iwan kepada awak media melalui conference pers virtual, Ahad (17/5/2020) malam.

Kata dia, hingga saat ini kita belum bisa sampaikan secara detail data tambahan positif tersebut, karena belum mendapat notifikasi dari BBLK. Dan nanti bila data by name by address-nya kedua orang yang dinyatakan positif Covid-19 ini sudah kita terima, maka akan segera kami sampaikan.

Untuk gambaran umum perkembangan kasus Covid-19 di Kabupaten OKI, masih kata Iwan, untuk pelaku perjalanan wilayah terjangkit (PTT) sebanyak 10.426 orang, kemudian orang dalam pemantauan (ODP) sebanyak 92 orang, yang masih dalam pemntauan sebanyak 4 orang, sisanya selesai pemantauan. Sedangkan pasien dalam pengawasan (PDP) sebanyak 3 orang.

“Selain itu, terkait kegiatan pelayanan pasien di RSUD Kayuagung akan tetap dilayani dengan protokol Covid-19. Untuk SDM sudah ada 8 dokter aktif yang akan menjadi relawan medis, dan Senin ini akan dilakukan orientasi terlebih dulu di Dinas Kesehatan, kemudian akan langsung ditugaskan di RSUD Kayuagung,” ungkap Iwan.

Hari Senin (18/5/2020), lanjut dia, kami juga akan melakukan penyemprotan disinfektan secara menyeluruh di RSUD Kayuagung untuk memastikan petugas maupun pasien aman dari penyebaran virus corona. Begitupun dengan ODP center, akan kita aktifkan kembali. Dan ODP yang ada di Puskesmas akan kita lakukan isolasi secara terpusat.

“Kita juga akan melakukan penyuluhan dan edukasi kepada masyarakat tentang penyakit corona ini. Kita dari Dinas Kesehatan dan seluruh Puskesmas di Kabupaten OKI akan melakukan penyuluhan dan edukasi secara serentak kepada masyarakat,” tegas Iwan.

Penularan Covid-19 ini melalui kontak langsung dan lendir, tambah Iwan, untuk itu lindungi diri dengan menggunakan masker, cuci tangan pakai sabun di air mengalir, jaga jarak saat berbicara, jangan keluar rumah, tutup mulut dengan lengan ketika bersin, dan tetap patuhi protokol kesehatan dari pemerintah. (Iwan)

Bagaimana Menurut Anda