Berdalih Untuk Tambahan Ongkos Pulang Kampung, Tegar Curi Barang Milik Rekan Kerjanya Sendiri

739

KAYUAGUNG-OKI, BERITAANDA – Berdalih untuk tambahan ongkos pulang kampung, Tegar (22) yang tercatat baru 3 bulan bekerja sebagai buruh pada bagian pembibitan PT TCA yang berada di Dusun Sungai Baung Desa Bukit Kecamatan Air Sugihan Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) ini, nekat melakukan pencurian.

Namun alih-alih bisa pulang ke kampung halamannya, pemuda yang selama bekerja tinggal di mess nursery berada di blok A PT TCA, akibat ulahnya mencuri barang – barang milik dua orang rekan kerjanya sendiri, kini berakhir mendekam dibalik jeruji besi sel tahanan Mapolsek Air Sugihan.

“Pada Jumat (5/3) sekira pukul 09.00 WIB, pelaku masuk ke dalam mess korban, yang tak lain adalah rekan kerjanya sendiri, berada bersebelahan dengan mess pelaku,” jelas Kapolres OKI AKBP Alamsyah Pelupessy melalui Kapolsek Air Sugihan IPDA M. Indra Gunawan, Sabtu (6/3).

Pelaku masuk ke dalam mess korban lewat pintu belakang dengan cara didorong hingga kaitan kunci pintu bagian dalamnya lepas. Ketika berhasil masuk, pelaku langsung mengambil barang milik korban Sintra (21) dan Pandu (19), yang saat itu sedang bekerja di lokasi pembibitan.

“Sekira pukul 11.00 WIB, kedua korban pulang istirahat ke mess untuk persiapan sholat Jumat. Namun saat masuk kedalam mess, melihat pintu belakang mess terbuka, dan saat diperiksa terdapat barang – barang yang hilang,” ungkap dia.

Barang milik korban Sintra yang hilang berupa 1 unit Hp Oppo A5S warna hitam dan 2 helai baju kaos oblong. Sedangkan korban Pandu kehilangan 1 unit Hp Samsung J2 Pro warna silver, dompet berisi uang Rp 7 0ribu dan 1 helai baju kaos.

“Atas peristiwa ini, korban langsung melapor kepada security perusahaan, dan security laporkan kejadian itu kepada personel Polsek Air sugihan yang tugas patroli di lokasi perusahaan tersebut. Lalu korban juga langsung membuat laporan pengaduan ke Polsek Air Sugihan,” tandas dia.

Atas dasar laporan pengaduan korban ke Polsek yang diterima pada hari itu juga, sekira pukul 13.30 WIB, dilakukan penyelidikan mendalam terhadap peristiwa pidana yang terjadi. Dan ada dugaan orang yang dicurigai, karena pada hari kejadian akan izin off untuk pulang. Dan saat korban pulang ke mess, orang yang dicurigai itu sudah tidak ada di mess.

“Lalu Tim Opsnal Macan Komering Polsek Air Sugihan yang saya pimpin langsung, didampingi Kanit Reskrim Aipda Meiza Edwar dan dibantu oleh anggota security Balakosa PT BAP yang mengenali orang terduga pelaku, menyisir seputaran mess PT TCA,” terang dia.

Karena kita menduga, orang yang dicurigai pelaku pencurian masih bersembunyi tak jauh dari lokasi kejadian. Sekira pukul 23.00 WIB, orang yang dicurigai atas nama Tegar, berhasil ditangkap dan diamankan tanpa perlawanan.

“Dari tangannya berhasil diamankan barang bukti 1 buah tas ransel warna coklat berisi 1 unit Hp Samsung J2 pro warna silver, 1 buah Hp Oppo A5S warna hitam, 3 baju kaos, dan 1 buah dompet berisi uang Rp 70 ribu. Saat ini pelaku berikut barang bukti diamankan di Mapolsek Air Sugihan, guna proses sidik lebih lanjut,” pungkas dia. (Iwan)

Bagaimana Menurut Anda