Bawaslu Muara Enim Minta Semua Lapisan Masyarakat Awasi Jalannya Pemilu 2019

237

MUARA ENIM, BERITAANDA – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Muara Enim adakan sosialisasi untuk membantu mengawasi pelaksanaan pemilu legislatif (pileg) dan pemilu presiden (pilpres) yang diikuti 200 peserta, terdiri dari mahasiswa, pramuka dan organisasi pemuda, Kamis (21/3/2019).

Ketua Bawaslu Muara Enim Suprayitno mengatakan, pelaksanaan pemilu 2019 yang akan datang berbeda dengan pemilu sebelumnya. Karena ada lima pemilihan yang dilakukan dalam satu waktu.

Selain itu, kata dia, peran pengawasan semakin berat, karena pada 24 Maret ini dimulai tahapan kampanye rapat umum dan sosialisasi di media massa.

“Disinilah peran serta adik-adik sekalian diperlukan untuk mensukseskan pemilu ini. Personel kami yang ada tidak mampu bekerja sendirian, kami butuh masukan dan informasi dari masyarakat,” ujarnya.

Suprayitno menambahkan bahwa mengawasi jalannya pemilu bukan hanya tugas Bawaslu, tapi ini menjadi tugas kita semua.

Sementara itu, Wakil Bupati Muara Enim H Juarsah mengatakan, di jaman teknologi saat ini banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan, namun juga tidak menutup kemungkinan teknologi memberikan banyak kemudaratan jika tidak bijak menggunakannya.

“Saya berharap masyarakat tidak mudah percaya hoax soal pemilu. Jadilah pemilih cerdas. Informasi yang ada harus dicari kebenarannya, dan dikaji kebermanfaatan informasi itu untuk dibagikan. Jika informasi tersebut dinilai membuat panas suasana, saya rasa tidak butuh untuk dibagikan. Jangan menjadi kompor,” imbuhnya.

Juarsah juga menghimbau masyarakat untuk dapat menggunakan hak pilih serta tidak golput.

“Karena kita sudah diberikan hak untuk memilih, jadi silahkan digunakan. Pemilihan bersifat langsung, umum, bebas dan rahasia. Jadi siapapun yang dipilih, hanya kita dan Tuhan yang tahu,” pungkasnya. (Angga)

Bagaimana Menurut Anda