Antisipasi Gagal Panen, Pemkab Tapsel Buru Hama Tikus

366

TAPSEL-SUMUT, BERITAANDA – Sekda Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) Parulian Nasution, mengikuti kegiatan terhadap perburuan tikus di Kecamatan Angkola Muaratais, Kecamatan Batang Angkola dan Kecamatan Sayurmatinggi.

“Kegiatan ini sebagai upaya pemerintah dalam mempertahankan maupun meningkatkan swasembada pangan di Kabupaten Tapsel, sekaligus bagian dari menyemarakkan hari jadi Tapsel ke-69,” ungkap Parulian, Selasa (19/11/2019).

Selain mengapresiasi kegiatan yang diinisiasi Dinas Pertanian itu, Parulian pun mengarahkan langkah ini dapat diterapkan di semua kecamatan. Secara bahu-membahu dan bergotong-royong, untuk membasmi hama padi agar hasil panen melimpah dan petani untung.

“Keseriusan Pemkab Tapsel mendukung penuh kerja keras petani adalah dengan pembangunan sektor pertanian, berupa perbaikan jaringan irigasi yang rusak. Kesemuanya itu bermuara meningkatan hasil pertanian dan kesejahteraan para petani,” tandas Sekda Parulian.

Sementara itu, Kadis Pertanian Tapsel Bismark Muaratua menyebut, luas lahan persawahan yang jadi sasaran berburu tikus yang dilakukan secara serentak ini mencakup 1500 hektare dan melibatkan 220 orang terdiri dari kelompok tani, BPP, PHP dan PPL di 3 kecamatan.

“Ada lebih dari 500 ekor tikus berhasil dibasmi dari gropiyokan dengan cara membersihkan lahan (menggunakan cangkul dan alat pemukul), ditambah menaruh racun tikus (rodentisida) di tempat-tempat tertentu,” jelas Bismark.

Perburuan ini, tambah dia, dilaksanakan dalam rangka persiapan musim tanam padi 2019-2020 di kawasan kecamatan-kecamatan tersebut. Dan, nantinya para petani dapat merasakan hasilnya, yakni produktivitas petani sawah di daerah ini semakin meningkat.

Camat Angkola Muaratais AM. Fadhil Harahap dan Camat Batang Angkola R. Taufik Lubis serta Camat Sayurmatinggi Emmy Farida, menyatakan senang atas kegiatan gropiyokan yang dimotori Dinas Pertanian di daerah mereka.

“Terimakasih pada seluruh stakeholder yang telah terlibat dalam kegiatan ini. Langkah yang kita lakukan ini tentunya merupakan aktualisasi dari visi dan misi bupati, mewujudkan masyarakat Tapsel yang sehat, cerdas, dan sejahtera,” ujar mereka meyakini. (Anwar)

Bagaimana Menurut Anda