Alhamdulillah, Harga Sembako Berangsur Turun

250

KAYUAGUNG-OKI, BERITAANDA – Sempat melambung di awal Ramadhan, kini harga sejumlah bahan pokok di Pasar Kayuagung Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) mulai berangsur turun. Hal ini diketahui dari hasil sidak yang dilakukan oleh pihak Dinas Perdagangan bersama Satgas dari kepolisian di pasar tersebut, Jumat (10/5/2019).

Kepala Dinas Perdagangan OKI, S.Sudiyanto Djakfar menuturkan, menjelang sepekan berjalan bulan Ramadhan memang harga mulai berangsur turun.

“Harga untuk keperluan sembako sekarang terpantau lebih normal. Salah satunya harga bawang putih yang sekarang sudah berkisar Rp50 ribu ke bawah, karena sebelumnya sempat mencapai di atas Rp70 ribu,” katanya.

Menurutnya, yang penting saat ini bukan hanya stabil pada harga, tapi bagaimana agar para pedagang juga ada penghasilan. “Yang penting masyarakat terjangkau, dan pedagang ada penghasilan,” ujarnya.

Harga yang relatif normal juga terjadi pada harga jual daging di pasaran. Saat ini untuk harga daging kelas 1 berkisar Rp140 ribu perkilogram, serta Rp120 ribu untuk daging kelas 2, atau yang biasa dibuat untuk bahan bakso.

“Untuk mengimbangi harga daging ini, harga tulang dinaikkan, sekarang masih normal diharga Rp100 ribu. Biasanya makin dekat lebaran semakin rendah,” ungkap Sudiyanto.

Untuk wilayah Kabupaten OKI sendiri, menurutnya, ada tiga pasar besar yang harganya kerap menjadi patokan dan terus dipantau, yaitu Pasar Kayuagung, Pasar Tulung Selapan, dan Pasar Lempuing.

Sementara untuk menjaga stabilitas harga bukan tidak mungkin pihaknya akan melakukan pemantauan hingga ke gudang penyimpanan.

“Bukan tidak mungkin akan sidak di gudang kalau memang ada masalah harga di pasaran. Kita juga menghimbau agar tidak ada oknum yang menimbun bahan pokok ini, sehingga diharapkan stabilitas harga tetap terjaga,” tandasnya. (Iwan)

Bagaimana Menurut Anda