500 Siswa SMK se-Sumsel Ikuti Festival Kopi Sumsel Ber-SNI

269

PALEMBANG, BERITAANDA – 500 siswa SMK se-Sumatera Selatan (Sumsel) ikuti Festival Kopi Sumsel Ber-SNI yang diadakan oleh Badan Standardisasi Nasional (BSN) Kota Palembang, bertempat di aula BLPT Kota Palembang, Rabu (11/3/2020).

Kegiatan yang diresmikan oleh Sekretaris Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Selatan Marko Ginta ini, terselenggara atas kerjasama Badan Standardisasi Nasional, Dewan Kopi Sumsel, UPTD Balai Pengembangan Pendidikan Kejuruan Sumsel, kawan-kawan dari Sriwijaya Kedai Kopi Family, dan Masyarakat Standardisasi Indonesia DPW Sumsel, serta dukungan para sponsor diantarnya Bank Sumsel Babel, PUSRI, Semen Baturaja, Pelindo II Cabang Palembang dan RRI Palembang.

Haryanto selaku Kepala Badan Standardisasi Nasional Wilayah Palembang mengatakan, sebagaimana kita ketahui Sumatera Selatan adalah penghasil biji kopi terbesar di Indonesia sebanyak 110 ribu – 150 ribu ton pertahun, dengan luas lahan 250 ribu hektare yang 100 persen adalah kebun rakyat dikelola oleh sekitar 204 ribu KK petani kopi.

“Kami juga menghadirkan narasumber petani kopi dari salah satu wilayah penghasil kopi terbaik, yakni Semendo. Narasumber dari kedai kopi dan UKM kopi yang ber-SNI serta barista kopi Sumsel yang telah bersertifikasi BNSP,” jelas dia.

“Kegiatan ini diadakan supaya rantai nilai ilmu kopi tetap ada dan tidak menghilang, maka kami adakan festival kopi kepada siswa SMK. Dari sistem pertanian organik, biji kopi, kopi bubuk sampai mesin pengupas biji kopi basah atau kering, mesin sortasi dan mesin sangrai seluruhnya berstandar SNI,” terangnya. (Febri)

Bagaimana Menurut Anda