5 Bahan Alami untuk Penurun Kadar Gula Darah

52
Sumber gambar: https://pixabay.com/id/photos/bawang-bawang-bombay-cincang-899102/

SERBA-SERBI, BERITAANDA – Kadar gula dalam darah seringkali terabaikan oleh sebagian orang. Kebanyakan lebih fokus mengontrol tekanan darah dan asam urat. Padahal, kadar gula dalam darah yang berlebih bisa mengakibatkan berbagai penyakit berbahaya.

Oleh karenanya, kami hadirkan tips menurunkan gula darah dengan bahan alami bagi Anda.

Bagaimanapun juga, konsumsi obat-obatan kimia terlalu sering juga kurang baik untuk tubuh. Jadi, jika ada alternatif solusi pencegahan atau pengobatan penyakit menggunakan bahan alami, bisa dicoba. Namun harus dengan konsultasi pada dokter terlebih dahulu pastinya. Menghindari alergi atau kandungan zat tertentu yang berbahaya bagi tubuh Anda.

Menurunkan Kadar Gula Dalam Darah Anda dengan 5 Bahan Alami

Menjaga kadar gula dalam darah tetap stabil  penting dilakukan meskipun misalnya Anda terlanjur divonis mengidap diabetes melitus. Apalagi jika Anda masih terpantau sehat, maka kadar gula harus tetap terjaga agar kesehatan tidak terganggu.

Dari sekian banyak cara mengendalikan gula darah, bahan-bahan alami masih dipercaya oleh sebagian besar masyarakat kita. Begitu pun bagi mereka yang memang sudah didiagnosa dengan kadar gula dalam darah yang cukup tinggi. Menurunkan gula darah dengan berbagai bahan alami tetap dipilih sebagai salah satu solusi.

Nah, kira-kira apa saja bahan alami yang bisa digunakan untuk menurunkan kadar gula dalam darah? Ini dia beberapa diantaranya, yang mudah didapat di sekitar Anda.

  1. Bubuk Kayu Manis

Bubuk kayu manis adalah salah satu bahan alami yang bisa Anda gunakan untuk menurunkan kadar gula dalam darah. Bagaimana caranya?.

Rempah ini mampu mengaktifkan insulin dalam tubuh, dengan begitu mampu membuat gula darah dalam tubuh cepat turun.

Cara penggunaan atau konsumsinya cukup mudah. Anda hanya perlu mencampurkan bahan alami ini ke dalam teh, smoothies, atau air hangat. Mengkonsumsi secara rutin memberikan Anda hasil yang optimal.

Selain mampu memicu kinerja insulin dalam tubuh, rempah herbal ini juga diyakini mampu mengurangi stress oksidatif, lho!

  1. Jahe

Bahan alami selanjutnya yang cukup mudah didapat ialah jahe. Zat yang terkandung dalam jahe, dipercaya mampu mengontrol insulin dalam tubuh kita. Dengan begitu, secara otomatis kadar gula pun dapat dikontrol juga.

Anda cukup mengiris-iris jahe yang sudah dibersihkan. Lalu masukkan ke dalam air bersih dan rebus selama kurang lebih lima menit atau sampai air tersebut mendidih. Setelah itu, saring air rebusan dan minum saat masih hangat.

Usahakan untuk minum air rebusan jahe ini secara rutin untuk mendapat hasil terbaik. Bisa 1-2 kali dalam sehari, agar lebih terasa manfaatnya.

  1. Air Rebusan Daun Salam

Bahan alami lain yang bisa Anda pakai untuk menurunkan gula darah adalah daun salam. Caranya cukup mudah. Anda hanya perlu mencuci bersih 3-5 lembar daun salam. Selanjutnya masukan ke dalam air dan rebus hingga mendidih dan air sedikit menyusut.

Saring air rebusan daun salam, kemudian Anda bisa meminumnya hangat-hangat. Kandungan minyak atsiri pada daun salam mampu menurunkan kadar glukosa dalam tubuh. Oleh karena itu, bahan alami ini dianggap sebagai salah satu obat diabetes yang efektif.

  1. Daun Mangga

Selain daun salam, daun mangga juga dipercaya bisa membantu menurunkan kadar gula dalam darah, lho! Sama seperti daun salam, Anda juga hanya perlu merebus daun mangga yang sudah dicuci bersih selama kurang lebih 15 menit atau hingga air mendidih.

Saring air rebusan daun mangga dan minum selagi hangat saat pagi hari ketika perut dalam kondisi kosong. Minum secara rutin, maka Anda akan merasakan manfaatnya bagi tubuh.

  1. Rendaman Air Bawang Bombay

Selanjutnya, untuk menurunkan gula darah Anda bisa memanfaatkan rendaman air bawang bombay. Ya, selain dapat menambah kelezatan cita rasa masakan, jenis bawang berukuran besar ini juga bermanfaat bagi kesehatan.

Cara membuat ramuan bermanfaat dari bawang bombay ini cukup mudah. Anda hanya perlu mencincangnya hingga berukuran kecil. Selanjutnya rendam bawang yang sudah dicincang tersebut dengan air panas. Pastikan seluruh bawang bombay cincang terendam.

Diamkan rendaman tersebut antara enam hingga delapan jam lamanya. Cara konsumsinya, Anda bisa minum air rendaman bawang bombay sebanyak tiga sampai empat sendok makan tiap hari. Lakukan ini selama seminggu, selanjutnya bisa dikurangi menjadi 2 atau 3 hari sekali konsumsinya dengan dosis yang sama.

Nah, dari kelima bahan alami di atas kira-kira mana yang ingin Anda coba. Jika pilihan Anda jatuh pada air rendaman bawang bombay, kini Anda tidak perlu repot ke pasar atau supermarket untuk membelinya.

Dapatkan bawang bombay berkualitas di Blibli. Blibli menjadi toko online terpercaya dan terlengkap yang siap memenuhi berbagai kebutuhan Anda. Bukan hanya produk elektronik, fashion atau kecantikan saja. Bahan herbal juga tersedia di Blibli.

Jangan lewatkan juga berbagai program promo menarik bagi Anda. Mulai dari potongan harga, voucher belanja sampai dengan subsidi ongkir yang pastinya sangat sayang jika dilewatkan.

Blibli siap memanjakan pelanggannya dengan barang-barang berkualitas tanpa membuat isi kantong terkuras. Anda bisa bandingkan dengan toko online lainnya. Berbelanja di Blibli, bisa dilakukan sambil bersantai di rumah atau di sela-sela kesibukan Anda.

Prosesnya aman dan cepat. Metode pembayarannya beragam dan mudah. Pilihan barangnya lengkap dan terdiri dari banyak kategori barang, sehingga bisa menjadi arena one stop shopping yang menyenangkan.

Jadi, tunggu apa lagi?. Segera belanja dan dapatkan kebutuhan Anda seperti bahan alami untuk menurunkan gula darah hanya di Blibli. (*)

Bagaimana Menurut Anda