41 Perwira Menengah Korps Marinir Ujian Menembak dan Bahasa Inggris

495

JAKARTA, BERITAANDA – Setelah melewati ujian kesamaptaan, karya tulis, serta presentasi. Kini giliran para calon Komandan Satuan Pelaksana Korps Marinir melaksanakan ujian menembak dan Bahasa Inggris, Ahad (25/8/2019).

Ujian kemahiran menembak digelar di lapangan tembak Marinir Jusman Puger di Ksatrian Marinir Hartono Cilandak Jakarta Selatan. Kemahiran atau kemampuan menembak yang diujikan adalah menembak pistol dan menembak senjata laras panjang.

Bertindak selaku penanggung jawab dalam kegiatan ini adalah Asisten Personel Komandan Korps Marinir (Aspers Dankormar) Kolonel Mar I Made Sukada. Sedangkan selaku ketua pelaksana adalah Kepala Dinas Administrasi Personil Korps Marinir (Kadisminpers Kormar) Kolonel Mar Anak Agung Gede AJP.

Kegiatan uji kemampuan menembak diawasi langsung oleh Kepala Dinas Administrasi Personel Korps Marinir (Kadisminpers Kormar) Kolonel Mar Anak Agung Gede AJP, Perwira Pembantu Perencanaan Staf Personel Korps Marinir (Paban Ren Spers Kormar) Letkol Mar I Wayan Warga M.Tr.Hanla, Kepala Sub Perawatan Personel Dinas Administrasi Korps Marinir (Kasubwatpers Disminpers Kormar) Letkol Laut (KH) Nur Kholis, Kepala Sub Dinas Pengendalian Personel Dinas Administrasi Personel Korps Marinir (Kasubdisdalpersmil Disminpers Kormar) Letkol Mar Budi Wijani, serta tim peninjau perwakilan dari Spers Mabesal Letkol Mar Maizet, S.Pd MM dan Letkol Laut I Gede Ngurah Suwarsana, S.Sos MAP.

Untuk menembak pistol dengan jarak 20 meter terdiri menembak slow fire dalam waktu 3 menit dengan 10 butir amunisi dan rapid fire dengan waktu 63 detik dengan 10 butir amunisi. Ujian menembak pistol dipimpin langsung Kapten Marinir Aris Unu yang sehari-hari menjabat Pabandya (Perwira Pembantu Madya) Penerangan Pasmar 1 yang juga pengurus Marine Shooting Club.

Sementara untuk ujian menembak dengan senjata laras panjang parak jarak 100 mtere. Ujian menembak dengan senjata laras panjang dipimpin Lettu Marinir Puji Andriyanto yang sehari-hari menjabat Wadanki (Wakil Komandan Kompi) A Batalyon Angkutan Bermotor 1 Marinir (Yon Angmor 1 Mar). Para calon Dansatlak Kormar diuji kemampuannya untuk menembak sasaran dengan berdiri dengan waktu 90 detik, duduk dengan waktu 60 detik, dan tiarap dengan waktu 60 detik.

Tujuan dari uji kompetensi ini adalah mendapatkan Komandan Satuan Pelaksana yang memiliki kemampuan sesuai dengan kompetensi yang diharapkan.

Para peserta ujian kompetensi ini adalah 41 perwira menengah Korps Marinir dari Pendidikan Reguler Sekolag Staf dan Komando Angkatan Laut (Dikreg Seskoal LVII), Sekolah Staf dan Komando Angkatan Darat (Seskoad LVII), Kursus Manajemen dan Strategi (Susjemenstrategi Angkatan XIV), Kursus Tenaga Inti Pembinaan Mental TNI (Susgati Bintal TNI Angkatan XLII), Kursus Manajemen Perencanaan dan Anggaran Pertahanan (Susjemen Rengar Han Angkatan XLVIII), dan Susjemen Rengar Han Angkatan XLIX.

Sementara itu untuk uji kompetensi Bahasa Inggris dilaksanakan di laboratorium bahasa Korps Marinir yang juga berada di Ksatrian Hartono Bhumi Marinir Cilandak Jakarta Selatan.

Tim Penguji Bahasa Inggris adalah Kepala Sub Seksi Pendidikan Disminpers Kormar Letkol Laut (KH) Drs. Suhariyanto dan Kepala Labsa Kormar Mayor Laut (KH) A.Ole SS Gdip Tesol. (Katrine)

Bagaimana Menurut Anda