Waduh, Perangkat Desa Baru Sungai Abu Menjerit Tak Terima Gaji Tahun 2020

474
Kepala Desa Baru Sungai Abu, Khairudin.

KERINCI-JAMBI, BERITAANDA – Sejumlah perangkat Desa Baru Sungai Abu Kecamatan Air Hangat Timur Kabupaten Kerinci Provinsi Jambi menjerit. Pasalnya, hingga akhir tahun 2020 sampai memasuki tahun 2021, mereka tidak menerima honor atau gaji yang sudah dianggarkan dari ADD.

Menurut Riadi, salah satu perangkat Desa Baru Sungai Abu ketika dihubungi oleh BERITAANDA melalui telepon selulurnya mengatakan, kami sangat prihatin karena hingga kini seluruh perangkat desa, mulai sekdes, kasi, kaur, tata usaha, hingga kadus belum juga mendapatkan haknya, yaitu menerima gaji.

“Ya, kami belum teriama gaji. Padahal kondisi saat ini terbilang sangat miris, terlebih di tengah keprihatinan, mengingat kondisi pandemi Covid-19. Namun, tugas dan pelayanan kepada masyarakat harus terus berjalan,” ucap Riadi.

Hal senada juga disampaikan Muh yang juga merupakan perangkat Desa Baru Sungai Abu. Menurutnya, dirinya tidak tahu pasti apa penyebabnya, sehingga gaji mereka belum bisa dicairkan tahun 2020.

“Saya masih menunggu dan sangat berharap gaji itu secepatnya bisa dicairkan,” harap Muh.

Ia pun menambahkan, bagaimana perangkat desa bisa bekerja secara maksimal jika gajinya saja tidak dibayarkan. “Untuk itu, kami meminta kepada pihak terkait segera memberikan haknya (perangkat desa),” pinta dia.

Sementara itu, Khairudin selaku Kepala Desa Baru Sungai Abu saat dihubungi oleh BERITAANDA, Selasa (19/1), membenarkan bahwa peragkat desa tidak menerima gaji di tahun 2020.

“Ya benar, semua organisasi di Desa Baru Sungai Abu, mulai dari saya sendiri sebagai kades, perangkat desa, BPD, karang taruna tidak menerima gaji,” kata Khairudin.

Saat ditanya penyebab tidak cairnya gaji perangkat desa, ia pun berdalih karena mantan Pjs tahun 2019 tidak menyelesaikan TL di Inspektorat.

“Bagaimana saya bisa mengurus dan mencairkan honor perangkat desa saya, karena mantan Pjs Kades Baru Sungai Abu hingga kini belum mengambil TL di Inspektorat,” ujar Khairudin. (Tomi)

Bagaimana Menurut Anda