Tim Gabungan Sidak Makanan di Pasar Kayuagung

425

KAYUAGUNG-OKI, BERITAANDA – Tim gabungan dari Dinas Perdagangan, Dinas Kesehatan, Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman dan Hortikultura serta pihak kepolisian di lingkup Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) melakukan inspeksi mendadak (sidak) makanan ke Pasar Kayuagung, Jumat (10/5/2019) pagi.

Kepala Dinas Perdagangan Kabupaten OKI S.Sudiyanto Djakfar, S.Sos mengatakan, dari sidak ini, petugas belum menemukan makanan yang terindikasi mengandung bahan berbahaya seperti formalin yang biasa terkandung pada tahu, mie dan lainnya.

“Hasil sidak pagi ini baru kita periksa makanan yang biasa mengandung formalin seperti pada tahu, mie dan lainnya. Tetapi Alhamdulillah, hasilnya negatif semua, bagus tidak ada formalinnya,” kata dia.

Akan tetapi, ditambahkan Kabid Kesmas Dinas Kesehatan OKI dr. Heryy yanridho AP. M.Kes, untuk makanan yang terindikasi bahan berbahaya lain, hasilnya masih akan diperiksa lebih lanjut di laboratorium.

“Itu masih kita periksa di lab, seperti cincau, kurma, kolang-kaling. Ini ditakutkan mengandung bahan pewarna,” ujarnya didampingi Kasi P2PL Uli Artha.

Dirinya juga mengapresiasi apa yang dilakukan oleh para pedagang di Pasar Kayuagung. “Sekarang agak lumayan, mungkin karena sering ada penyuluhan,” ujarnya.

Meskipun demikian, menurutnya, yang dikhawatirkan saat ini adalah makanan yang datang dari luar OKI.

“Yang ditakutkan itu yang datang dari luar. Kalau produksi lokal itu kita bina terus, bahkan pertriwulan kita datangi, kita berikan penyuluhan, alhamdulilah hasilnya baik,” jelasnya.

Dirinya mengharapkan para pedagang lain juga dapat menjaga kesehatan dan keamanan makanan serta bahan makanan yang dijual.

Lanjutnya, untuk mendapatkan makanan yang sehat hendaknya masyarakat yang akan membeli juga memperhatikan makanan yang dibeli. “Pastikan itu aman, lihat teksturnya, lihat kebersihan. Lihat warnanya,” imbaunya

“Lihat saja tekstur, kalau lembut biasanya cenderung aman.┬áLihat juga ada lalat atau tidak, kalau formalin biasanya lalat dak mau dekat. Warnanya juga mengkilap, kalau pake pewarna biasanya (warnanya) lebih terang,” tandasnya. (Iwan)

Bagaimana Menurut Anda