Salah Satu Anggota Jaringan Sungai Belida Berhasil Ditangkap Tim Macan Komering

1897

KAYUAGUNG-OKI, BERITAANDA – Kedapatan membawa senjata tajam, Herwanto alias Iwan (25), warga Dusun 1 Desa Sungai Belida Kecamatan Lempuing Jaya Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) terpaksa diamankan Tim Macan Komering Polsek Mesuji Raya, Senin (23/7/2019) kemarin.

Kapolres OKI AKBP Donni Eka Syaputra didampingi Kabag Ops Polres OKI Kompol Yuda melalui Paurbinops Bag Ops Polres OKI IPTU Bambang Pancawala saat dikonfirmasi, Selasa (23/7/2019), membenarkan adanya penangkapan tersebut.

“Sekira pukul 14.00 Wib, Tim Macan Komering Mesuji Raya laksanakan kegiatan kepolisian yang ditingkatkan (KKYD). Lalu mendapat laporan dari masyarakat bahwa ada 4 orang dengan mengendarai 2 sepeda motor terlihat masuk ke jalan pintas Desa Sumber Baru Kecamatan Mesuji Raya,” jelas dia.

Katanya lagi, Tim Macan Komering Polsek Mesuji Raya pimpinan IPDA Ilham Parlindungan yang saat itu sedang berpatroli langsung bergerak menuju lokasi guna mengecek keberadaan 4 orang yang dicurigai.

“Mengetahui kedatangan polisi, keempat orang tersebut lalu berusaha melarikan diri dengan menabrakkan sepeda motor mereka ke salah seorang anggota Tim Macan Komering Polsek Mesuji Raya, yaitu Bripka Ade Arif Hidayat,” ungkapnya.

Melihat ada bahaya, masih katanya, Bripka Ade Arif yang juga anggota tim langsung melepaskan sepeda motor dikendarainya, hingga tertabrak oleh salah satu kendaraan yang mengakibatkan 2 orang pengendaranya terjatuh, dan salah satunya berhasil diamankan oleh Aipda Rajikan.

“Saat itu juga, Aipda Rajikan langsung melakukan penggeledahan badan dan menemukan sebilah senjata tajam jenis pisau yang terselip di pinggang orang tersebut, sedangkan 1 orang lagi yang ikut terjatuh berhasil melarikan diri,” ujarnya.

Saat ini yang bersangkutan telah ditetapkan sebagai tersangka, lanjutnya, terkait kepemilikan senjata tajam dan telah diamankan di Mapolsek Mesuji Raya.

“Fakta – fakta di lapangan, sesuai dengan ciri-ciri fisik serta jenis kendaraannya, tersangka merupakan bagian dari kelompok Sungai Belida yang kerap beraksi di wilayah Mesuji Raya. Korban ada, tapi belum melapor,” tandasnya.

Saat ini Polsek Mesuji Raya sedang berusaha menghubungi masyarakat yang pernah menjadi korban mereka. Tambahnya, karena menurut keterangan tersangka, ia pernah melakukan pencurian dengan kekerasan (curas) di Desa Balian Makmur Kecamatan Mesuji Raya dan berhasil mengambil Hp serta uang.

“Tersangka dan barang bukti kini telah diamankan untuk selanjutnya dilakukan penyidikan sekaligus pengembangan terhadap dugaan tindak pidana lainnya,” pungkasnya. (Iwan)

Bagaimana Menurut Anda