Rumah Warga Aek Tuhul Kemalingan, Pria Brewok Ini Diringkus Polisi

1173

PADANGSIDIMPUAN- SUMUT, BERITAANDA – Pria brewokan berinisial RSH (28), penduduk Desa Aek Bayur Kecamatan Padangsidimpuan Batunadua Kota Padangsidimpuan, diringkus aparat kepolisian. RSH diduga melakukan tindak pidana pertolongan jahat (tadah) terhadap pencurian.

“Pelaku ditangkap di kediamannya pada Jumat (22/2/2019) sekira pukul 22.00 Wib,” kata Kasat Reskrim Polres Padangsidimpuan AKP Abdi Abdillah mewakili Kapolres Padangsidimpuan AKBP Hilman Wijaya, kepada BERITAANDA, Sabtu (23/2/2019).

Penangkapan tersangka RSH dengan barang bukti satu unit televisi merk Polytron ukuran 20 inchi, tutur Kasat, merupakan tindaklanjut pelaporan korban Sukemi (55) kepada pihak kepolisian dengan nomor : LP / 45 / I /2019 / SU / psp, tertanggal 31 Januari 2019.

Dalam laporannya, Sukemi mengaku telah menjadi korban pencurian dan mengalami kehilangan harta benda yakni, satu unit televisi merk Polytron 20 Inchi, satu set amply player, serta sebuah tabung gas ukuran 3 kilogram.

Kepada polisi, Sukemi menceritakan kronologi kejadian yang dialami. Jumat (22/2/2019) sekira pukul 14.20 Wib, seusai bekerja di pabrik es, korban pulang ke rumahnya di Desa Aek Tuhul Kecamatan Padangsidimpuan Batunadua, Padangsidimpuan.

Sesampai di rumah, alangkah terperangahnya korban. Ia mulai was-was rumahnya jadi sasaran pencuri, sebab melihat alat pengunci jendela sudah dalam keadaan terbuka dan tergeletak di atas meja kayu yang berada di teras rumah.

Masih didera rasa penasaran, korban lalu mengitari rumah, dan kembali menemukan pintu dapur di sisi samping rumah juga sudah dalam keadaan rusak. Terlihat kayu jaring (kawat nyamuk) pintu jebol, bekas congkelan dan bukaan paksa.

Setelah memasuki ruangan rumah, dugaan korban terbukti, rumahnya memang telah disatroni maling. Sejumlang barang berharga miliknya raib. Tak terima aksi pelaku, korban meneruskannya ke pihak berwajib.

“Kepolisian menerima informasi masyarakat, yang mengatakan keberadaan terduga pelaku terkait kasus pencurian di rumah Sukemi. Usai rangkaian penyelidikan dan pencocokan, tersangka RSH pun diamankan,” tegas AKP Abdi Abdillah.

Saat ini tersangka berikut barang bukti, telah diamankan di Mapolres Padangsidimpuan. Atas perbuatannya, pelaku dijerat pasal 480 KUHP, ancaman pidana penjara selama-lamanya empat tahun atau denda sebanyak-banyaknya sembilan ratus rupiah. (Anwar)

Bagaimana Menurut Anda