Ratusan CPNS Pemkab Nias Ikuti Orientasi Pengenalan Tugas

162

NIAS-SUMUT, BERITAANDA – Orientasi pengenalan tugas merupakan wadah bagi setiap CPNS untuk mengembangkan wawasan pengetahuan, keterampilan, melatih tanggung jawab, ketaatan dan disiplin terhadap segala peraturan perundang-undangan yang berlaku serta membentuk karakter birokrat yang melayani masyarakat.

Hal tersebut dikatakan Bupati Nias Drs.Sokhiatulo Laoli, MM pada saat membuka secara resmi orientasi pengenalan tugas bagi CPNS di lingkungan Pemerintah Kabupaten Nias, bertempat di ruang rapat kantor bupati setempat, Senin (29/4/2019).

Lanjut bupati, Berdasarkan peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 36 Tahun 2018, disebutkan bahwa peserta seleksi yang sudah dinyatakan lulus wajib membuat surat pernyataan bersedia mengabdi pada instansi yang bersangkutan, dan tidak mengajukan pindah dengan alasan apapun sekurang-kurangnya 10 tahun sejak TMT PNS.

“Jika peserta seleksi yang dinyatakan lulus tetap mengajukan pindah, yang bersangkutan dianggap mengundurkan diri. Pelaksanaan orientasi ini juga dimaksudkan supaya CPNS siap untuk mengikuti masa prajabatan yang merupakan syarat pengangkatan CPNS menjadi PNS,” tegas bupati.

“Sebagai PNS dituntut untuk memiliki kompetensi yang diindikasikan dari sikap perilaku yang penuh dengan kesetiaan dan ketaatan pada negara dan pemerintah, terang Sokhiatulo.

Sementara Kepala BKD Kabupaten Nias Marulam Sianturi SE menjelaskan bahwa maksud dan tujuan pelaksanaan orientasi ini agar para CPNS memiliki wawasan dan pengetahuan tentang tugas, fungsi serta hak dan kewajiban sebagai aparatur negara.

Waktu pelaksanaan orientasi ini dilaksanakan selama 2 hari, yakni pada hari Senin (29/4/2019) dan Selasa (30/4/2019), dengan jumlah peserta sebanyak 157 orang yang terdiri dari tenaga pendidikan sebanyak 87 orang, tenaga kesehatan sebanyak 36 orang, tenaga teknis sebanyak 29 orang dan formasi CPNS dari PTT dalam hal ini bidan PTT sebanyak 5 orang. NIP bidan PTT tersebut sedang diproses oleh Badan Kepegawaian Negara Regional VI Medan.

Marulam juga memberitahu, bahwa berdasarkan hasil seleksi penerimaan CPNS formasi 2018 yang dinyatakan lulus sebanyak 153 orang, dan 1 orang mengundurkan diri dari tenaga teknis. “Sehingga yang mengikuti orientasi pengenalan tugas bagi CPNS formasi tahun 2018 pada saat ini hanya sebanyak 152 orang,” ungkap Marulam. (Ganda)

Bagaimana Menurut Anda