PKK Sidimpuan Tingkatkan Kapasitas Kader Melalui LP3 PKK

299

PADANGSIDIMPUAN-SUMUT, BERITAANDA – Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP. PKK) Kota Padangsidimpuan menggelar Latihan Pengelolaan Program dan Penyuluhan Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (LP3 PKK), bertempat di aula MAN 2 Padangsidimpuan, Rabu (11/12/2019).

Tampak hadir Wakil Sekretaris TP. PKK Provsu Riza Fahlepi Lubis, Ketua Pokja 1 Bidasari Daulay, beserta anggota Pokja 2 S.A Fipia Siregar selaku narasumber. Juga Plt. Sekdakot Padangsidimpuan H. Letnan Dalimunthe, Kadis PMD Syafaruddin Harahap. Diikuti 123 orang pengurus dan anggota TP. PKK kecamatan dan kelurahan/desa se-Kota Padangsidimpuan.

Dalam sambutannya sekaligus membuka resmi acara, Wakil Walikota Padangsidimpuan Arwin Siregar mengemukakan, posisi TP. PKK sangat strategis untuk memberi kontribusi terhadap pemberdayaan masyarakat, termasuk keluarga. Sehingga, wajar jika pemerintah dan pemangku kepentingan lainnya menaruh perhatian khusus terhadap kesinambungan TP. PKK.

“Selaku Ketua Pembina TP. PKK, disini saya sampaikan bahwa tidak berlebihan bilamana selama ini saya senantiasa memberi dukungan terhadap berbagai kegiatan maupun program yang diselenggarakan oleh TP. PKK,” sebut dia, seraya mencontohķan seperti halnya kegiatan LP3 PKK yang digelar dan berlangsung selama dua hari di aula MAN 2 tersebut.

Arwin meyakini, kegiatan ini merupakan upaya mencerdaskan pengelola PKK, baik pengurus PKK di tingkat kota, kecamatan maupun desa ataupun kelurahan. Apalagi, kata dia, kehadiran narasumber dirasa dapat memberi kontribusi bagi peningkatan kualitas SDM PKK. Yang pada gilirannya nantinya mampu berkiprah dalam menggerakkan pelaksanaan 10 program PKK.

Pemkot Padangsidimpuan, tegas dia, memiliki kompetensi, kepentingan, dan perhatian yang sangat besar dalam memfasilitasi sekaligus mendorong gerakan PKK, supaya tumbuh dan berkembang dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya untuk bersama-sama dengan pemerintah mensukseskan pembangunan.

“Saya mengajak kepada kita semua, khususnya barisan ibu PKK, kiranya dapat menyampaikan ke masyarakat hal-hal apa saja yang telah kita laksanakan sejauh ini, demi mensejahterakan warga masyarakat Padangsidimpuan,” pesan Arwin mengingatkan para peserta LP3 PKK.

Arwin juga mengingatkan, supaya kegiatan ini diikuti oleh para peserta dengan sebaik-baiknya dengan menyerap informasi secara utuh. Dan, kepada para pengurus PKK di semua tingkatan harus mampu melaksanakan tugas pokok dan fungsi 10 program PKK. Bekerja dengan tulus, ihklas, dan cerdas demi kesejahteraan keluarga dan segenap masyarakat Padangsidimpuan.

Sebelumnya, ketua panitia Rosana Rahuddin Harahap menjelaskan, tujuan digelarnya acara ini adalah untuk meningkatkan kapasitas seluruh kader TP. PKK agar dapat menjalankan tugas dan tanggung jawab berkenaan upaya kesejahteraan keluarga. Rujukannya mengacu ke Perpres RI No. 99/2017 tentang gerakan pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga.

“Ditambah, Permendagri No. 1/2013 tentang pemberdayaan masyarakat melalui gerakan pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga dan keputusan Mendagri Nomor : 411.4-3514 Tahun 2016 tentang pengesahan keputusan Ketua Umum TP. PKK tentang hasil rakernas VIII PKK tahun 2015,” jelas Rosana. (Anwar)

Bagaimana Menurut Anda