Pemkab OKI Pantau Capaian Kinerja Daerah dengan Simonev

87
Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) melaunching aplikasi Sistem Monitoring dan Evaluasi Perencanaan Pembangunan Daerah (Simonev). [Sumber Foto Kominfo OKI]

KAYUAGUNG-OKI, BERITAANDA – Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) melaunching aplikasi Sistem Monitoring dan Evaluasi Perencanaan Pembangunan Daerah (Simonev) guna meningkatkan kualitas dan menyediakan informasi capaian pembangunan daerah.

Kepala Bappeda Aidil Azwari SP M.Si dalam laporannya menyampaikan ada dua indikator untuk melihat kinerja kunci (key performance indicator) yang ada dalam RPJMD tahun 2019-202,4 yaitu Indikator Kinerja Utama (IKU) dan Indikator Kinerja Daerah (IKD).

“Adapun capaian masing-masing IKD yang tersebar pada masing-masing perangkat daerah sesuai RPJMD Kabupaten OKI yaitu sebanyak 247 jenis indikator. Data tingkat capaian target masing-masing indikator tersebut dapat dilihat dalam sistem aplikasi Simonev dan dilakukan penginputan oleh OPD,” terang Aidil Azwari, Jumat (10/12).

Dalam sambutannya, Bupati OKI melalui Asisten Bidang Administrasi Umum H. M.Lubis SKM.M.Kes memberikan apresiasi atas kinerja semua pihak atas dilaunchingnya aplikasi Simonev, dimana aplikasi ini menjadi manifestasi kemajuan perencanaan pembangunan di OKI.

”Melalui aplikasi Simonev, capaian pembangunan daerah dapat diakses kapanpun dan dimanapun. Hal ini sekaligus memperkuat upaya terkoneksinya para pihak untuk mencapai tujuan yang tertuang dalam RPJMD,” jelas Lubis.

Asisten Bidang Administrasi Umum H. M.Lubis SKM.M.Kes [kiri]. [Sumber Foto Kominfo OKI]
Digitaliasi proses perencanan pembangunan, menurutnya, menjadikan proses pembangunan di daerah jadi lebih maju, lebih transparan, dan lebih optimal, serta mengajak masyarakat lebih cerdas dalam penggunaan media digital misalnya dengan turut andil mengetahui capaian pembangunan tahun per tahun.

“Diresmikannya aplikasi Simonev pada hari ini diharapakan dapat mewujudkan konsep pembangunan pentahelix dan keterbukaan dalam penyelenggaraan pemerintahan di Bumi Bende Seguguk,” tandasnya. [Iwan]

Bagaimana Menurut Anda