Pelaku Pemalak Sopir di Celikah Ternyata Masih ABG

2376

KAYUAGUNG-OKI, BERITAANDA – Hilang sudah perangai garang dan kini berganti dengan rasa sedih serta penyesalan terbesit di raut wajah RNH alias H (16), tukang ‘palak’ sopir yang melintas di Jalan Lintas Timur, Tugu Gading, Desa Celikah Kecamatan Kayuagung Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), saat dirinya diciduk aparat kepolisian usai melakukan aksinya, Jumat (2/8/2019).

Padahal, saat melancarkan aksi pemalakan terhadap korban Ulung Legi (44), sopir asal Dusun Cibuaya Kecamatan Cibuaya Kabupaten Karawang Provinsi Jawa Barat. ABG yang merupakan warga Kampung III Desa Celikah Kecamatan Kayuagung dan rekannya berinisial AD (20) tergolong nekat serta tak segan-segan melukai jika kehendak mereka tak dituruti.

Seperti diungkapkan Kapolres OKI AKBP Donni Eka Syaputra didampingi Kapolsek Kayuagung AKP Nasharudin melalui Paurbinops Bag.Ops. Polres OKI IPTU Bambang Pancawala. Dikatakannya, korban Ulung Legi, sopir asal Karawang tersebut dipalak sekira pukul 14.00 Wib oleh tersangka H dan rekannya AD yang saat ini masih buron.

“Kedua pelaku saat itu menghadang laju kendaraan (mobil – red) korban. Setelah berhenti, kemudian pelaku mengancam dengan menggunakan sebilah senjata tajam, sambil berkata kepada korban akan membolongi kepala korban bila tidak mau memberi uang,” ungkap Paurbinops, Sabtu (3/7/2019) malam.

Karena takut, kata Paurbinops, korban lalu mengeluarkan uang dari kotak atau laci yang ada dikendaraannya sebesar Rp10 ribu dan menyerahkan uang tersebut kepada pelaku. Saat korban mulai melajukan mobil, lantaran tak puas dengan uang yang mereka terima, pelaku kembali mengejar dan meminta uang sebesar Rp200 ribu kepada korban.

“Tetapi korban mengaku tidak ada uang sebesar itu sambil membuka dan tunjukkan kepada pelaku, dompetnya berisi uang tunai sejumlah Rp50 ribu untuk biaya makan dirinya di jalan. Namun pelaku langsung merampas uang milik korban yang ada di dalam dompet tersebut, hingga korban menelan kerugian sebesar Rp60 ribu,” tandas Paurbinops.

Atas kejadian yang dialaminya, korban pun melapor ke Polsek Kayuagung pimpinan AKP Nasharudin. Masih kata Paurbinops, usai menerima laporan korban, Timsus Macan Komering Polres OKI dan Polsek Kayuagung langsung melakukan penyelidikan atau pengintaian terhadap para pelaku guna segera mengungkap tindak pidana tersebut.

“Setelah diketahui keberadaan pelaku berada di bengkel las Desa Celikah Kayuagung OKI, Kapolsek Kayuagung AKP Nasharudin dan Kepala Timsus Macan Komering Polres OKI IPDA Djunaidi bersama anggotanya melakukan penangkapan terhadap tersangka RNH alias H,” ujar Paurbinops.

Saat ini tersangka RNH alias H beserta barang bukti 1 unit sepeda motor Honda Blade Repsol warna orange nopol BG 2388 KB dan uang tunai sejumlah Rp54 ribu diamankan di Mapolsek Kayuagung untuk pemeriksaan lebih lanjut. Sedangkan rekan pelaku berinisial AD masih buron. (Iwan)

Bagaimana Menurut Anda