Pastikan Dukungan Semua Pihak, KPU Sekadau Gelar Konsolidasi

185

SEKADAU-KALBAR, BERITAANDA – Semakin derasnya tahapan Pemilu 2019 membuat penyelenggara pemilu dan pihak terkait semakin intens melaksanakan persiapan.

Kamis (21/3/2019) pagi, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sekadau menggelar konsolidasi dengan Pemerintah Kabupaten Sekadau dan pihak terkait lainnya.

Ketua KPU Sekadau Drianus Saban S.Pd mengatakan, konsolidasi bagian dari tindak lanjut rakoor nasional pemilu di Jakarta. Juga dilanjutkan di tingkat provinsi serta kabupaten/kota,” kata Saban.

“Distribusi logistik ke TPS pada tanggal 16 April, dan berdasarkan pemetaan distribusi tersulit adalah Kecamatan Belitang Hulu dan beberapa desa terjauh di Kecamatan Nanga Mahap. Serta TPS terjauh yang melewati dua kabupaten di Dusun Meruat Desa Meragun,” jelas Saban.

Saban menyatakan, pihaknya membutuhkan dukungan dari pemerintah daerah, baik berupa tenaga dan tempat orang untuk penempatan logistik di kecamatan.

Bupati Sekadau diwakili Asisten Umum dan Administrasi Drs Sapto Utomo M.Si menyatakan, UU No. 7 Tahun 2017 tentang pemilu memiliki arti dan peran strategis dalam penyelenggaraan pemilu serentak 2019.

“Kualitas pemilu tergantung pada sosialisasi UU Pemilu kepada penyelenggara pemilu dan stekeholder terkait,” ujar Sapto.

Dikatakan Sapto, kesuksesan pemilu tidak hanya di tangan penyelenggara, namun oleh semua pihak terkait, dan adanya sinergitas semua pihak serta masyarakat.

Ia berharap konsolidasi dapat menyamakan persepsi dan mendorong meningkatnya partisipasi politik masyarakat dalam pemilu 2019.

“Pemilu yang dilaksanakan KPU dan Bawaslu membutuhkan dorongan semua pihak, baik pemerintah daerah, kepolisian dan TNI yang membutuhkan konsolidasi, serta penyamaan persepsi demi suksesnya pemilu, dengan tujuan terpilihnya pemimpin yang amanah dan baik,” papar dia.

Dalam kegiatan diadakan simbolis penyerahan kendaraan operasional oleh pemerintah daerah kepada KPU, serta penyerahan simbolis tenaga PNS yang diperbantukan di KPU Sekadau. (Arni)

Bagaimana Menurut Anda