Panwascam Manggar Gelar Rakor Partisipatif Pileg dan Pilpres 2019

355

BELTIM-BABEL, BERITAANDA – Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Manggar melakukan rapat koordinasi (rakor) partisipatif pemilihan legislatif (pileg) dan pemilihan presiden (pilpres) yang dihadiri Camat Manggar Amiruddin, Kapolsek Manggar AKP Albert, serta Danramil Manggar. Bertempat di Hotel Simpang Empat Manggar, Selasa (2/4/2019).

Ketua Panwascam Manggar Dany Sugara menyampaikan berbagai materi yang berkenaan dengan tata cara pelaksanaan pemilu. Dimana pemilu kali ini termasuk rumit, lanjut dia, dikarenakan ada 5 (lima) kertas suara yang harus dicoblos.

“Kegiatan ini sudah menjadi program di seluruh Indonesia, namun dalam hal ini butuh dukungan dari semua pihak untuk sama-sama mensukseskan pesta demokrasi tersebut,” jelas dia.

Dikatakan Dany, tugas dari Panwascam untuk mencegah dan bertindak sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

“Tugas kami mencegah serta bertindak sesuai dengan aturan yang ada pada pemilu. Kami juga mengajak partisipasi warga untuk bersama-sama mengawasi jalannya pemilu tahun ini. Sebab, kami sangat terbatas personelnya,” terang dia.

Camat Manggar Amiruddin juga berkesempatan memberikan materi. Dimana pihaknya juga berkomitmen untuk mensosialisasikan proses demokrasi bersama muspika agar bersama melancarkan pemilu tahun 2019.

“Ini pesta lima tahunan, mari kita sosialisasikan jaga persatuan dan kesatuan kita bersama. Kami dari aparatur negara tentu akan memposisikan diri tetap netral, tidak ada keberpihakan. Kami akan ada di titik-titik tertentu untuk mengantisipasi riak-riak yang mungkin saja bisa terjadi, proses demokrasi ini harus berjalan lancar,” tegas Amiruddin.

Kapolsek Manggar AKP Albert juga mengatakan, pihaknya bersama TNI sudah melakukan apel bersama untuk menjaga keamanan di setiap sudut.

“Kita turut serta dalam mengamankan pesta demokrasi. Biarlah isu-isu yang ada di medsos, kita yang ada di kecamatan netral, sesuai dengan fungsi kami berlaku netral. Ini yang namanya partisipatif kita. Untuk itu mari kita satukan visi dan misi untuk mensukseskan pemilu ini,” tegas Albert. (Helmi M Fadhil)

Bagaimana Menurut Anda