Oknum Pelajar Terlibat Kasus Curat di Desa Sumber Baru

4013

KAYUAGUNG-OKI, BERITAANDA – Tak butuh waktu lama, kasus tindak pidana dengan kekerasan (curat) yang dialami korban Supri Murti (76) bersama cucunya, warga Dusun 1 Desa Sumber Baru Kecamatan Mesuji Raya Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), berhasil diungkap kepolisian setempat.

Pelakunya RD (14), oknum pelajar yang tercatat berdomisili di Camp IPBS PT Sampoerna Agro Desa Sumber Baru Kecamatan Mesuji Raya, dan rekannya Yoga (17), pengangguran juga warga yang sama. Aksi kedua pelaku ini terjadi Ahad (15/12/2019) lalu.

Saat itu sekira pukul 07.00 Wib, saat korban Supri dan cucunya melintas di jalan poros Desa Sumber Baru hendak ke pasar, sepeda motor mereka dihentikan kedua pelaku dengan modus pura-pura hampir ditabrak dan marah sambil berteriak ‘kau biso dak bawa motor’.

Kemudian, pelaku RD langsung memukul wajah cucu korban Supri, sambil keluarkan pisau dari pinggangnya dan mengancam akan ditusuk kalau korban melawan. Lalu pelaku RD berusaha ambil kontak motor, akan tetapi gagal karena kontaknya langsung dibuang cucu korban.

Pelaku lainnya, Yoga, menghampiri Supri lalu merampas dompet milik korban dan mengambil seluruh isinya berupa uang tunai Rp1,4 juta. Setelah berhasil dapatkan yang diinginkan, kemudian kedua pelaku lari sambil mengancam korban dengan senjata tajam agar tidak melihatnya saat akan meninggalkan TKP.

Pasca kejadian tersebut, korban langsung menuju kantor Subsektor Mesuji Raya guna membuat laporan polisi. Selanjutnya pada Senin (16/12/2019), Tim Macan Komering Subsektor Mesuji Raya melakukan penyelidikan terhadap ciri-ciri kedua pelaku serta kendaraannya.

Kapolres OKI AKBP Donni Eka Syaputra didampingi Kasubsektor Mesuji Raya IPDA Ilham Parlindungan melalui Kasubbag Humas Polres OKI IPTU Iryansyah, Selasa (17/12/2019) menjelaskan, dari hasil penyelidikan mengarah kepada salah satu pelaku berinisial RD.

“Tersangka RD akhirnya berhasil diamankan saat akan menuju kantor Subsektor Mesuji Raya bersama ibunya untuk besuk kakaknya, yang saat ini juga ditahan karena kasus curat,” ungkap Iryansyah.

Setelah dilakukan interogasi singkat, kata Iryansyah lagi, kemudian pelaku mengakui perbuatan tersebut bersama seorang temannya bernama Yoga yang masih tetangganya sendiri.

“Mendapati informasi tersebut, Tim Macan Komering yang dipimpin Kasubsektor IPDA Ilham Parlindungan langsung bergerak dan berhasil mengamankan pelaku Yoga dengan barang bukti 1 unit sepeda motor Supra Fit yang digunakan para pelaku,” ujar Iryansyah.

Selain itu, masih kata Iryansyah, dari pelaku ini diamankan juga 1 buah senjata tajam jenis pisau, 1 buah jaket warna pink serta uang tunai sebesar Rp20 ribu, sisa dari bagi hasil uang milik korban. Dimana pelaku Yoga mengaku mendapat bagian sebesar Rp300 ribu, dan pelaku RD mendapat bagian paling banyak sebesar Rp1,1 Juta.

“Yang diakuinya pelaku RD, uang tersebut hilang atau terjatuh saat pulang menuju rumahnya setelah membagi hasil kejahatan yang mereka lakukan. Saat ini, kedua pelaku dan barang bukti telah diamankan di Mako Subsektor Mesuji Raya guna dilakukan penyidikan,” pungkas Iryansyah. (Iwan)

Bagaimana Menurut Anda