Muara Enim Raih Predikat Kabupaten Sangat Inovatif dalam IGA Award 2021

14

MUARA ENIM, BERITAANDA – Kabupaten Muara Enim meraih predikat sebagai Kabupaten Sangat Inovatif dalam Innovative Government Award (IGA Award) tahun 2021 dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Republik Indonesia.

Penghargaan tersebut langsung diberikan oleh Pelaksana Harian (Plh) Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kemendagri Eko Prasetyanto Purnomo Putro kepada Penjabat (Pj) Bupati Muara Enim H. Nasrun Umar (HNU) dalam acara penganugerahan IGA Award 2021 secara virtual.

Usai menerima penghargaan, Nasrun Umar mengucapkan selamat dan terima kasih serta apresiasi kepada seluruh inovator di Kabupaten Muara Enim, karena berkat kerja keras, kerjasama dan kerja cerdas, Kabupaten Muara Enim dapat masuk dalam 5 (lima) besar, tepatnya diposisi 4 (empat) sebagai Kabupaten Sangat Invovatif di Indonesia dalam IGA Award 2021.

“Namun, ada satu hal yang harus kita maknai dari penghargaan ini yaitu suatu penghargaan bukanlah tujuan akhir kita, tapi yang paling penting adalah bagaimana setiap insan ASN dapat bekerja dengan sebaik-baiknya, dengan terus berinovasi dan memahami tujuan akhir pemerintahan ini adalah kesejahteraan masyarakat. Oleh karenanya penghargaan-penghargaan ini harus disyukuri, karena itu indikator yang ditetapkan pemerintah pusat kepada kabupaten, kota atau provinsi yang dianggap mereka memiliki dan memenuhi kriteria untuk menerima suatu penghargaan,” kata Pj Bupati.

Kemudian, didepan Kepala Balitbangda Muara Enim dan para inovator, Pj Bupati meminta dengan tegas agar di tahun 2022, satu perangkat daerah minimal dua inovasi, sehingga di tahun depan capaian Pemkab Muara Enim pada IGA Award dapat lebih baik dan meningkat drastic, mengingat di tahun 2021 ini satu perangkat daerah hanya satu inovasi.

“Sekali lagi selamat, dan ingat, penghargaan yang kita raih ini harus dimaknai sebagai suatu motivasi kedepan dalam berinovasi yang benar-benar dapat dirasakan manfaatnya bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat,” pungkas Pj Bupati.

Untuk diketahui, IGA Award Tahun 2021 diikuti oleh 519 pemerintah daerah dengan 25.124 inovasi, yang mana tim penilai IGA Award 2021 berasal dari Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Keuangan, Kemenpan RB, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Lembaga Administrasi Negara (LAN-RI), Universitas Indonesia, MNC News dan kemitraan. [Angga]

Bagaimana Menurut Anda