KPU Sekadau Fit And Proper Test Calon Relawan Demokrasi Pemilu 2019

350

SEKADAU-KALBAR, BERITAANDA – Puluhan orang dari berbagai tingkatan usia dan profesi, Kamis (17/1/2019), silih berganti mendatangi kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sekadau di komplek perkantoran pemkab setempat. Kedatangan mereka untuk menjalani fit and proper test oleh Komisioner KPU.

Fit and proper test dalam bentuk wawancara itu, dilaksanakan 4 Komisioner KPU Sekadau di empat ruangan terpisah kepada para pelamar yang mendaftar sebagai relawan demokrasi pemilu 2019.

Sejak pagi, calon relawan berdatangan seusai jadwal wawancara yang diumumkan KPU beberapa hari lalu, setelah adanya pembukaan pendaftaran relawan demokrasi pada 10 sampai dengan 15 Januari 2019 lalu serta seleksi administrasi pada 16 Januari 2019.

Ketua KPU Sekadau Drianus Saban S.Pd menyatakan sesuai dengan Undang – undang No 7 Tahun 2017 tentang pemilihan umum (pemilu), khususnya tentang sosialiasi pemilu kepada masyarakat dalam penyelenggaraan pemilu, dilaksanakan rekrutmen relawan demokrasi oleh masing-masing Komisi Pemilihan Umum (KPU).

“Yang akan kita rekrut nanti sebanyak 55,” ujar Saban.

Dijelaskan Saban lagi, relawan demokrasi akan bertugas membantu KPU untuk mensosialisasikan mengenai berbagai hal terkait pemilu kepada masyarakat, sesuai dengan basis yang disiapkan oleh KPU.

“Relawan nantinya bekerja fokus kepada masing-masing basis yang dipilih dalam seleksi,” tambah Saban.

Adapun tujuan rekrutmen relawan demokrasi, dikatakan Saban, untuk membantu KPU mensosialisasikan pemilu serta untuk meningkatkan partisipasi pemilih dalam pemilu 2019.

“KPU terbatas secara personel, jadi relawan nantinya akan berperan membantu KPU untuk terjun mensosialisasikan pemilu,” ungkap dia.

Relawan demokrasi minimal berpendidikan sekolah menengah atas (SMA) atau sederajat, dan terdaftar sebagai pemilih dalam pemilu, serta tidak pernah tercatat sebagai narapidana dan tidak terdaftar sebagai pengurus atau anggota partai politik.

Sampai dengan akhir penerimaan berkas pendaftaran KPU Sekadau menerima sebanyak 87 pelamar yang dinyatakan lolos seleksi administrasi, dan dilanjutkan dengan fit and proper test oleh Komisioner KPU Sekadau.

Relawan demokrasi dibagi dalam beberapa basis antara lain, relawan berbasis warga net, relawan berbasis disabilitas, relawan berbasis agama, relawan berbasis komunitas, relawan berbasis marginal, relawan berbasis pemilih pemula, relawan berbasis pemilih muda, relawan berbasis perempuan, relawan berbasis berkebutuhan khusus, relawan berbasis keluarga, serta relawan berbasis relawan demokrasi. Direncanakan, pengumuman kelulusan rekrutmen relawan demokrasi pada hari Jumat (18/1/2019) besok. (Arni)

Bagaimana Menurut Anda