Kertas Suara Banyak Kurang, Warga Muara Enim Tidak Bisa Gunakan Hak Pilih

320

MUARA ENIM, BERITAANDA – Akibat kertas surat suara banyak yang kurang, membuat warga Muara Enim tidak bisa menggunakan hak suaranya pada pemilu 2019, Rabu (17/4/2019).

Dari informasi di lapangan, ada beberapa TPS yang mengaku kehabisan surat suara, khususnya di TPS 20, RT 01, RW 04, Kelurahan Air Lintang, Kecamatan Muara Enim, Kabupaten Muara Enim.

Begitupun di TPS 13 Kampung VII Kelurahan Muara Enim, sehingga ratusan warga yang berdomisili di sekitar TPS tidak bisa menyalurkan hak suaranya.

Ria (25) warga Muara Enim ini bersama warga lainnya karena tidak ada surat undangan C6 terpaksa menggunakan e-KTP, tetapi menunggu hingga pukul 12.00 Wib. Dan ia mulai mendaftar pada pukul 11.00. Namun ketika akan mencoblos ternyata surat suaranya kurang.

Bahkan dirinya sempat disarankan mencoblos ke beberapa TPS terdekat, namun ternyata juga kehabisan surat suara. Kemudian disuruh menunggu sembari dicarikan TPS yang kelebihan surat suara dan sampai waktunya habis ternyata tidak ada kabar, sehingga kami terpaksa kehilangan hak suara.

Ketua KPPS TPS 13 Kelurahan Muara Enim Herizal DJidil menjelaskan, mereka tidak bisa diterima di TPS ini karena kami kekurangan 50 lembar kertas suara DPR RI. Sesuai instruksi PPK, tidak bisa diberikan jika jenis surat suara tidak lengkap.

“Mereka itu warga RW 06 yang akan memilih menggunakan e-KTP,” pungkasnya.

Sementara Ketua KPUD Muara Enim Ahyaudin SH mengatakan, kalau untuk pemilih menggunakan e-KTP bisa memilih jika sudah diatas jam12.

“Jika jumlah surat suara habis di TPS yang dikunjungi, bisa ke TPS lainnya yang masih ada surat suaranya,” pungkas dia. (Angga)

Bagaimana Menurut Anda