Kadisdik Sergai Naik ATF, Telusuri Wisata Tani Panteng Kleset

737

SERGAI-SUMUT, BERITAANDA – Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) Drs. Joni Walker Manik, MM dengan mengendarai ATF menyusuri objek wisata tani di Panteng Kleset Desa Melati II Kecamatan Perbaungan Sergai, Ahad (15/12/2019).

Kadis Pendidikan tersebut melakukan kunjungan wisata sembari menginap di home stay selama satu malam bersama Bupati Sergai Ir.H Soekirman, Wabup Darma Wijaya, Sekda Faisal Asrimy, dan para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lainnya.

Kadis Pendidikan sangat mengapresiasi atas destinasi wisata tani di Desa Melati II tersebut, dan mereka pun melakukan tinjauan ke pertenakan Kambing Otawa.

Selain itu, para OPD juga melakukan tinjauan ke Palungguhan Toh Joyo, yaitu relief candi se-Nusantara, objek wisata tani di Dusun Sei Tontong dan lokasi tanaman Jeruk Petik Sendiri (JPS).

Mhd Safrizal selaku Inkubator Desa Melati II didampingi Ketua TPKK Syahrul Dani mengatakan, bahwa para OPD tersebut sangat mengapresiasi atas inovasi yang telah dilakukan oleh Pemdes Melati II.

“Kami telah menyediakan sekitar 65 home stay untuk penginapan dengan standar grad B serta bus untuk angkutan wisata bila berkunjung ke beberapa objek wisata di Melati II ini,” ucap Mhd Safrizal.

Mhd Safrizal juga menyebutkan bahwa Desa Wisata Tani Melati II juga merupakan 5 desa terbaik yang memperoleh 2 penghargaan terbaik dari 126 desa di Indonesia.

“Kami mengucapkan terimakasih kepada Menteri Desa PDTT Abdul Halim Iskandar dan Dirjen PPMD Taufik Majid, menetapkan Desa Melati II meraih gelar tersebut pada rakor PIID-PEL yang dilaksanakan di Mercure Hotel Ancol Jakarta pada tanggal 10 Desember 2019 kemarin,” pungkas dia.

Sementara itu, Kepala Desa Melati II Supardi mengatakan, dibukanya destinasi wisata tani disini dalam rangka memperkenalkan pertanian, peternakan, kesenian dan budaya yang ada di desanya.

Ia berharap, dengan adanya wisata tani ini akan mendongkrak tingkat perekonomian masyarakat setempat.

Kadis PMD H.Ikhsan AP, M.Si juga menambahkan bahwa Kabupaten Negeri Bertuah Negeri Beradat ini ada 237 desa, dan Desa Melati II adalah salah satu desa yang masuk 5 besar dan meraih 2 kategori terbaik di Indonesia. (Dipa)

Bagaimana Menurut Anda