Jelang Natal dan Tahun Baru, Harga Komoditi Pangan di OKI Masih Normal

469

KAYUAGUNG-OKI, BERITAANDA – Jelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2020, harga komoditi pangan di wilayah Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) relatih normal dan belum terpantau adanya kenaikan.

Hal ini terungkap dari hasil sidak pasar yang dilakukan Tim Satgas Pangan OKI, Kamis (5/12/2019).

Tak hanya itu, hasil pantauan dalam kegiatan sidak di Pasar Kayuagung, rombongan Tim Satgas Pangan yang dipimpin oleh Kapolres OKI AKBP Donni Eka Syaputra bersama Kepala OPD terkait beserta jajaran, juga tak ditemukan adanya bahan makanan yang mengandung bahan pengawet.

“Sejauh ini stok pangan cukup, dan harga sembako pun normal, artinya masih stabil. Jikapun terjadi kenaikan harga dalam dua pekan kedepan, maka akan dilaksanakan operasi pasar. Itupun bila diperlukan,” kata Kepala Dinas Perdagangan OKI, S. Sudiyanto Djakfar.

Sementara Kapolres OKI AKBP Donni Eka Syaputra mengatakan, kami dan pihak pemda bersama-sama datang ke pasar melakukan inspeksi untuk mengetahui kebutuhan stok pangan seperti apa. Kemudian harga naik atau tidak, lalu animo masyarakat membeli dengan harga sekarang beredar di pasar bagaimana.

“Tadi bersama Kepala Dinas Kesehatan juga melakukan pengecekan barang-barang yang memungkinkan bisa diawetkan, di Pasar Shoping Center Kayuagung ini. Hasil sample tahu yang diperiksa, ternyata benar tidak terindikasi adanya bahan pengawet,” ungkap Kapolres.

Lanjut Kapolres, kami bisa meyakinkan masyarakat bahwa ketersediaan pangan menjelang Natal dan  Tahun Baru 2020 aman. Harga juga tidak terlalu naik. Kemudian tidak ada barang-barang berbahaya ataupun dikasih obat-obatan, seperti pengawet yang bisa membahayakan kesehatan.

Untuk harga sembako dan daging, menurut Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman dan Holtikultura, Syaripudin, serta Kepala Dinas Peternakan dan Perkebunan, Aris Panani, masih normal serta tahap wajar.

Jikapun salah satu ada yang harganya naik, itu bukan karena Natal dan Tahun Baru, tetapi kelangkaan stok barangnya. (Iwan)

Bagaimana Menurut Anda