Bupati Rupinus Ajak Instansi Terkait Dukung Perbup 51 Tahun 2017

174
Bupati Rupinus saat membuka pertemuan aselerasi dan evaluasi program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) Kabupaten Sekadau. (BERITAANDA)

SEKADAU-KALBAR, BERITAANDA – Bupati Sekadau Rupinus SH M.Si, Kamis (7/11/2019) pagi, membuka pertemuan aselerasi dan evaluasi program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM).

Kegiatan ini dalam rangka mendorong instansi terkait untuk komitmen dalam mengimplementasikan Peraturan Bupati Nomor 51 Tahun 2017 tentang gerakan pelaksanaan sanitasi total berbasis masyarakat.

“Tahun 2020 target ketersediaan air bersih dan air minum yang berkelanjutan harus sudah siap dengan terget capaian yang ditetapkan,” ujar Bupati Rupinus dalam pembukaan pidatonya.

Dikatakan bupati lagi, salah satu jalan mewujudkan ketersediaan air bersih adalah dengan adanya pamsimas yang merupakan kolaborasi dari 5 kementerian dan Bapenas untuk tingkat pusat maupun daerah.

“Program pamsimas di Kabupaten Sekadau sudah berjalan beberapa tahun terakhir, dalam rangka agenda nasional mendukung ketersediaan air minum dan sanitasi total berbasis masyarakat,” papar bupati.

Sedangkan mengenai tujuan dari program STBM, dijelaskan Rupinus, untuk memutuskan mata rantai penyakit serta mencegah terjadinya stanting.

“Desa yang sudah berstatus ODF dapat dilihat dari ketersediaan toilet di rumah-rumah penduduk, sehingga tidak buang air besar sembarangan lagi,” tegas bupati.

Dalam kegiatan ini, diadakan pemberian tanda tangan oleh dinas terkait di spanduk dukungan implementasi Peraturan Bupati Nomor 51 Tahun 2017 tentang gerakan pelaksanaan sanitasi total berbasis masyarakat. (Arni)

Bagaimana Menurut Anda