Berusaha Rebut Senjata Api Milik Anggota Macan Komering, Perdiyadi Keok di Dor

285

KAYUAGUNG-OKI, BERITAANDA – Berbekal informasi didapat, Tim Macan Komering Polsek Pangkalan Lampam Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) yang dipimpin IPTU Wempy Manurung berhasil menangkap seorang diduga sering melakukan tindak pidana pencurian dengan kekerasan (curas), Rabu (13/5/2020) sore.

Pelaku bernama Perdiyadi (19) yang tercatat warga Desa Perigi Talang Nangka Kecamatan Pangkalan Lampam, diamankan sekira pukul 17.30 Wib di jalan raya Desa Deling Pangkalan Lampam OKI, berikut barang bukti 1 pucuk senjata api rakitan laras pendek, 5 butir amunisi dan 1 bilah senjata tajam jenis pisau.

Kapolres OKI AKBP Alamsyah Pelupessy melalui Kasubbag Humas AKP Iryansyah menjelaskan, mulanya sekira pukul 16.00 Wib, Kapolsek Pangkalan Lampam mendapat informasi dari masyarakat bahwa ada pengendara sepeda motor yang sering melakukan pencurian dengan kekerasan (curas), sesuai dengan kendaraan yang dicurigai.

“Maka sesaat kemudian, Kapolsek bersama Kanit Reskrim Bripka Arpiansyah, Kanit Intel Aipda Jasni dan Kanit Binmas Aiptu Darmulis serta Tim Macan Komering Polsek Pangkalan Lampam langsung melaksanakan patroli ke arah Desa Deling,” kata Iryansyah.

Sesampainya disana, anggota Tim Macan Komering melihat pelaku dengan ciri-ciri sama yang disampaikan oleh masyarakat. Kata Iryansyah lagi, yaitu dua (2) orang laki-laki mengendarai sepeda motor Honda Beat warna pink nopol tidak tahu, dari arah Pangkalan Lampam menuju Desa Deling.

“Lalu, laju sepeda motor pelaku diberhentikan. Dan saat mau diperiksa, salah satu pelaku yang belakangan diketahui berinisial A, berperan sebagai pengemudi, langsung melarikan diri dengan sepeda motornya. Sementara 1 orang lagi yang dibonceng, diketahui bernama Perdiyadi, tak berhasil kabur,” ujar Iryansyah.

Ketika hendak diamankan dan dilakukan pemeriksaan, masih kata Iryansyah, pelaku Perdiyadi melakukan perlawanan dengan berusaha merebut senjata api milik anggota Tim Macan Komering Polsek Pangkalan Lampam, sehingga dilakukan tindakan tegas terukur yang mengenai kakinya.

“Saat digeledah, ditemukan 1 pucuk senjata api rakitan (senpira) laras pendek berisikan 5 butir amunisi dan senjata tajam jenis pisau bersarung kulit warna coklat yang diselipkan atau disimpan dibagian perut depan pelaku Perdiyadi,” tandas Iryansyah.

“Kemudian barang bukti itu diperlihatkan kepada pelaku. Dan pelaku membenarkan bahwa senpira dan senjata tajam tersebut adalah miliknya. Selanjutnya, pelaku dan barang bukti dibawa ke Mapolsek Pangkalan Lampam untuk dilakukan proses sesuai hukum yang berlaku,” pungkas dia. (Iwan)

Bagaimana Menurut Anda