25 Mustahik dapat Bantuan dari Baznas, Wabup OKI: Manfaatkan Sebaik Mungkin

344

KAYUAGUNG-OKI, BERITAANDA – Wakil Bupati Ogan Komering Ilir (Wabup OKI) HM. Dja’far Shodiq menghimbau agar warga tidak terlena dengan bantuan yang diterima. Dirinya menginginkan agar bantuan dalam bentuk apapun yang diterima dimanfaatkan sebaik mungkin.

Menurut wabup, jika masyarakat hanya mengandalkan bantuan, baik dari pemerintah maupun pihak manapun, pengentasan kemiskinan tidak akan tercapai.

“Kalau hanya mengandalkan bantuan untuk pengentasan kemiskinan itu tidak akan tercapai,” katanya saat penyerahan bantuan usaha kecil dan bedah rumah tidak layak huni Baznas OKI di Kayuagung, Selasa (12/11/2019).

Dirinya mengharapkan masyarakat penerima bantuan atau mustahik zakat ini bisa betul-betul memanfaatkan apa yang diterima.

“Siapa tahu bantuan-bantuan yang diterima bisa dikembangkan sebagai modal usaha. Apalagi ini memang untuk modal usaha, jadikan ini sebagai stimulan, jangan cuma berharap. Berusaha berdoa, siapa tahu ke depan kita yang menyerahkan ini,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Bagian Kesra Setda OKI H. Reswandi menambahkan, penyerahan bantuan usaha kecil dan bedah rumah tidak layak huni ini diserahkan kepada 25 mustahik, 3 diantaranya merupakan bantuan bedah rumah tidak layak huni.

“Bantuan modal ini kita serahkan kepada yang memang membutuhkan, diantaranya ada pedagang sayur keliling, pedagang di sekolah, ada juga tukang kebun dengan masing-masing berjumlah Rp3,5 juta dan Rp20 juta untuk bedah rumah,” ungkapnya.

Ditambahkan Reswandi, hingga saat ini total yang dikeluarkan oleh Baznas OKI untuk keperluan zakat lebih dari Rp1 miliar yang diberikan kepada berbagai macam penerima.

“Kita mengucapkan terimakasih kepada seluruh ASN yang telah menyalurkan zakatnya dari gaji yang diterima, kami mohon keikhlasannya,” ujar dia.

Ke depan, lanjutnya, pihak Baznas berencana menyalurkan zakat ini sebagai stimulan untuk peternak berupa kambing, ayam, dan jenis peternak lainnya. Dirinya mengharapkan ini bisa membantu perekonomian masyarakat dan menjadi modal usaha. (Iwan)

Bagaimana Menurut Anda