122 Desa di Sergai Siap Gelar Pilkades Serentak

158

SERGAI-SUMUT, BERITAANDA – Pemerintahan Kabupaten Serdang (Pemkab Sergai) Sumatera Utara adakan sosialisasi pemilihan kepala desa (pilkades) serentak, bertempat di aula Sultan Serdang komplek kantor Bupati setempat, Rabu (3/7/2019).

Bupati Sergai Ir. H. Soekirman melalui Asisten Pemerintahan Umum Drs. Herlan Panggabean menjelaskan, pilkades ini sebagai momentum untuk memperkuat partisipasi masyarakat dan konsolidasi demokrasi.

“Masyarakat memiliki peranan penting dalam menentukan arah kebijakan pemerintah desa, sesuai kebutuhan masyarakat. Pilkades juga merupakan sarana pemersatu masyarakat. Oleh karenanya, masyarakat berperan sebagai subjek untuk menentukan figur pemimpin dan bukan sebagai objek yang mudah dipengaruhi,” kata dia.

Pada tahun 2019 ini, Kabupaten Sergai akan melaksanakan pilkades secara serentak di 122 desa dalam 16 kecamatan. Dalam rangka pemenuhan prinsip demokrasi, maka pelaksanaan pilkades dilaksanakan dengan azas langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil.

“Dengan harapan penyelenggaraan pilkades di Sergai dapat berlangsung demokratis sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku dan menghasilkan pemimpin pemerintah desa yang berkualitas,” kata dia lagi.

Sosialisasi pilkades di Kabupaten Sergai akan diselenggarakan selama dua hari, mulai tanggal 3 sampai dengan 4 Juli 2019 yang diikuti oleh para camat se-Kabupaten Sergai, Kasi Pemerintahan, Danramil, Kapolsek, Ketua BPD, Ketua P2KD dan instansi terkait. Kegiatan akan diisi materi dari narasumber Ketua Komisi A DPRD Sergai, Kapolresta Tebing Tinggi, Kapolres Sergai dan Kadis PMD. (Dipa)

Bagaimana Menurut Anda