Sekda Yulius Buka Enim Pro Tourism Festival 2023

13

MUARA ENIM, BERITAANDA – Enim Pro Tourism Festival 2023 resmi dibuka di Gedung Kesenian Putri Dayang Rindu Kabupaten Muara Enim, Selasa (14/11/2023).

Acara ini merupakan rangkaian dari peringatan HUT ke-77 Kabupaten Muara Enim tahun 2023 dengan tema “Terus Melaju untuk Menuju Muara Enim yang Agamis dan Sejahtera”.

Pembukaan festival ini dihadiri oleh Pj. Bupati Muara Enim, Ahmad Rizali yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Muara Enim, Yulius. Dalam sambutannya, Yulius menyampaikan bahwa festival ini bertujuan untuk mempromosikan potensi pariwisata dan budaya yang dimiliki oleh Kabupaten Muara Enim.

“Kita harus bangga dengan kekayaan budaya kita yang kaya dan beragam. Pengembangan pariwisata harus sejalan dengan pengembangan budaya,” ujar Yulius.

Yulius juga mengapresiasi kinerja Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kabupaten Muara Enim yang telah menginisiasi kegiatan pagelaran seni promosi pariwisata ini. Menurutnya, kegiatan ini merupakan awal bangkitnya penggiat sektor pariwisata pasca COVID-19.

“Kita berharap dengan adanya kegiatan ini, pariwisata Muara Enim dapat dikenal lebih luas oleh masyarakat lokal maupun nasional. Kita juga mengajak semua pihak untuk mendukung kemajuan pariwisata di Kabupaten Muara Enim sesuai dengan porsi masing-masing,” tutur Yulius.

Semantara itu Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Isdrin menyampaikan bahwa penyelenggaraan Enim Pro Tourism Festival 2023 merupakan rangkaian dari peringatan HUT ke 77 Kabupaten Muara Enim Tahun 2023.

“Kami ingin memfasilitasi bagi penggiat seni dan pariwisata yang ada di Kabupaten Muara Enim untuk menampilkan karya-karya mereka. Kami juga ingin mempromosikan pariwisata melalui penggiat seni. Kami berharap acara ini dapat membentuk individu yang kompetitif dan inovatif guna meningkatkan peran dan partisipasi masyarakat pada kemajuan Kabupaten Muara Enim dalam upaya mempromosikan pariwisata,” ujarnya.

Enim Pro Tourism Festival 2023 berlangsung selama tiga hari, mulai dari tanggal 14 sampai 16 November 2023. Acara ini menampilkan berbagai kegiatan, seperti pameran seni rupa, sarapal anam anak-anak, home band, sanggar tari, lomba mewarnai dan menggambar untuk tingkat TK, PAUD dan SD, serta live melukis secara langsung oleh Bupati dan Ibu. Pengunjung juga dapat menikmati berbagai kuliner khas Kabupaten Muara Enim yang disajikan oleh para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Acara pembukaan dihadiri oleh unsur Forkopimda, Ketua TP PKK, Staf Ahli, Asisten, Kepala OPD Kabupaten Muara Enim, DW (Dharma Wanita, Kepala Bank Sumsel Babel, direktur PT. Bukit Asam Tbk. (Angga)

Bagaimana Menurut Anda