Rumkital Marinir Cilandak Gelar Pelatihan BTCLS

460

JAKARTA, BERITAANDA – Dalam rangka menyambut ulang tahun ke-51 Rumkital Marinir yang jatuh pada tanggal 23 Maret 2019 mendatang, dan bertepatan dengan ulang tahun PPNI (Persatuan Perawat Nasional Indonesia) ke-45. Maka Rumkital Marinir Cilandak melaksanakan pelatihan BTCLS (Basic Trauma Cardiac Live Support) bekerjasama dengan Jakarta Medical Service dan Training 119.

Pelatihan ini bertujuan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan perawat di dalam menangani pasien untuk meningkatkan mutu asuhan keperawatan dengan kasus gawat darurat.

BTCLS ini sebagai wujud pemantapan personel RSMC agar lebih memahami cara menolong korban gawat darurat dengan tepat cepat cermat terencana dan terkendali. Yang dilaksanakan di Ruang Dahlia Rumkital Marinir Cilandak, Jakarta Selatan, hari Kamis (28/2/2019) sampai dengan Ahad (3/3/3019).

Acara pelatihan dibuka oleh Wadan Rumkital Marinir Cilandak Letkol Laut (K) dr Sujoko Purnomo, Sp.B mewakili Komandan Rumkital Marinir Cilandak Kolonel Laut (K/W) dr Jati Berandini Prastiwi, MARS.

Dalam amanatnya, Danrumkit menyampaikan, dengan pelatihan BTCLS dapat meningkatkan kemampuan dan keterampilan perawat di dalam menangani masalah kegawat darurat anda akibat trauma dan gangguan sirkulasi pada sistim kardiopulmonar untuk memberikan bantuan hidup dasar, sehingga dapat menyelamatkan jiwa dan meminimalisir kerusakan organ serta mengurangi angka kematian dan kecacatan penderita, serta merefresh kembali kemampuan perawat di dalam kompetensi kegawatdaruratan.

Hadir dalam acara tersebut Ka SPI (Ketua Satuan Pengawas Internal) Kolonel Laut (K) Yunan Niriawan, SE, MM, Koordinator Ahli Bidang Keperawatan Kolonel Laut (K) Junaedi, SKM, serta Kepala Bagian RSMC. Peserta diikuti oleh para perawat berjumlah 55 personel.

Dalam pelaksanaan BTCLS ini diketuai oleh Letnan Kolonel Laut (K) Amir Widiyanto,S.Kep,MKM yang kesehariannya sebagai Ketua Komite Keperawatan Rumkital Marinir Cilandak. Materi bahasan yang diberikan yaitu teori di kelas dan praktek lapangan. (Katrine)

Bagaimana Menurut Anda