Rudi Ditangkap Saat Pulang Melayat ke Rumah Orangtuanya

4540

KAYUAGUNG-OKI, BERITAANDA – Tim Macan Komering Polsek Lempuing Polres Ogan Komering Ilir (OKI) terus memberantas para pelaku tindak kriminal yang kerap beraksi di wilayah hukumnya. Dan kali ini giliran Rudi (35) yang berhasil diciduk.

Warga Kampung III Desa Tebing Suluh Kecamatan Lempuing Ogan Komering Ilir (OKI) ini ditangkap karena telah terlibat dan melakukan aksi curas serta curanmor di Desa Sindang Sari Lempuing OKI beberapa waktu lalu.

Kapolres OKI AKBP Donni Eka Syaputra melalui Kasubbag Humas AKP Iryansyah menjelaskan, pada hari Ahad (3/11/2019) silam sekira pukul 19.30 Wib, pelaku bersama temannya yang saat ini masih DPO, beraksi terhadap korban Tri Haryono

“Saat itu korban sedang memarkirkan mobil di pinggir jalan Desa Sindang Sari, dihampiri pelaku Rudi dan temannya (DPO) yang langsung merampas tas korban berisikan surat – surat, KTP dan uang tunai sebesar Rp5 juta. Pelaku kabur tinggalkan korban dengan kendarai sepeda motor,” ungkap dia.

Kemudian, Selasa (31/12/2019) sekira pukul 21.00 Wib, juga di Desa Sindang Sari, kata dia lagi, pelaku telah mencuri sepeda motor Honda Beat yang terparkir di teras rumah korban Aep Hidayat, sehingga korban alami kerugian ditaksir sebesar Rp7 juta.

“Setelah diselidiki secara intensif, didapatlah informasi keberadaan tersangka Rudi yang usai kejadian pernah dilakukan upaya paksa penangkapan, namun berhasil meloloskan diri dan sempat buron bersembunyi di Desa Rawasari Belitang OKU Timur,” tandas dia.

Pada akhir bulan Januari 2020, Tim Macan Komering Polsek Lempuing, lanjut dia, mendapat informasi bahwa orang tua tersangka Rudi meninggal dunia, dan dimungkinkan tersangka yang sudah menjadi DPO Polsek Lempuing tersebut pulang untuk melayat orangtuanya, sehingga dilakukan pengintaian tentang keberadaannya.

“Kemarin, Selasa (4/2/2020) sekira pukul 21.30 Wib, Tim Macan Komering Polsek Lempuing yang dipimpin Kapolsek AKP Darmanson didampingi Kanit Reskrim IPDA M. Indra Gunawan langsung melakukan koordinasi dengan kades dan keluarga tersangka,” ujar dia.

Akhirnya tersangka Rudi dapat diamankan seusai acara peringatan 7 hari meninggal orangtuanya di kediaman tersangka di Desa Tebing Suluh Lempuing OKI. Lanjut dia, berikut barang bukti 1 pucuk senpira jenis revolver, 12 butir peluru colt 38, 3 butir peluru FN, 1 kunci liter T dan 1 unit sepeda motor honda Beat milik korban.

“Dari keterangan tersangka bahwa saat dilakukan aksinya, ia bersama temannya berinisial AN, warga Desa Pematang Panggang Mesuji OKI (DPO). Saat ini pelaku dan barang bukti diamankan di Mapolsek Lempuing guna proses hukum lebih lanjut,” pungkas dia. (Iwan)

Bagaimana Menurut Anda