Penerima BST Berkurang 8.200 KK

23

PALEMBANG, BERITAANDA – Kantor Pos Palembang telah menyalurkan Bantuan Sosial Tunai (BST) tahap pertama bulan Januari sejak Senin (11/1).

Jumlah penerima BST kali ini jauh berkurang, yakni 3.800 penerima, dibanding 12 ribu penerima tahun lalu atau berkurang 8.200 penerima. Secara keseluruhan di Sumsel jumlah penerima BST yang disalurkan melalui kantor pos sebanak 35.800 KK di lima kabupaten/kota, antara lain Palembang, Banyuasin, Muba, OKI dan Ogan Ilir.

Dalam hal ini data penerima adalah dari Kementrian Sosial yang disampaikan melalui Kantor Pusat PT Pos Indonesia. Jadi jika ada nama penerima bantuan, maka akan disalurkan. Tapi jika tidak ada nama daftar penerima bantuannya, tidak akan mendapat bantuan meski sebelumnya pernah menerima bantuan.

“Memang ada masyarakat yang datang ke kantor pos dan bertanya ke petugas sembari membawa Kartu Indonesia Sehat (KIS) dan membawa KK, KTP, tapi kita tidak bisa menyakurkan dananya karena memang tidak terdaftar sebagai penerima dan tidak ada surat pemberitahuan bahwa menerima BST,” ujar Kepala Kantor Pos Merdeka, Risdayani, Selasa (12/1).

Risdayani mengatakan, penyaluran BST ini lima hari mulai 10-15 Januari mendatang yang dibagikan per kelurahan. Pencairan BST hanya satu bulan saja, yakni Januari sebesar Rp 300 ribu. Jadi pencairannya selanjutnya juga akan menunggu anggaran yang dikucurkan oleh pemerintah. (Febri)

Bagaimana Menurut Anda