Buah Jengkol Melimpah, Jadi Peluang Bisnis yang Menjanjikan

83
Tampak warga sekitar serta anak - anak di lingkungan rumah Ju'adi sedang mengupas kulit jengkol.

INDRALAYA-OI, BERITAANDA – Menjamurnya buah jengkol di daerah Kecamatan Payaraman Kabupaten Ogan Ilir Provinsi Sumatera Selatan saat ini menjadi peluang bisnis yang cukup menjanjikan. Harga penjualan yang cukup tinggi dan mudahnya dalam pemasaran, menjadi alasan bagi Ju’adi, warga Desa Tebedak I, untuk melakoni bisnis tersebut.

Oleh pria tiga orang anak ini, jengkol yang dibelinya dari warga setempat dalam keadaan masih berkulit itu, lalu dikupas. Adapun untuk mengupasnya, dirinya memberdayakan warga sekitar serta anak – anak di lingkungan rumahnya.

“Alhamdulillah, tahun ini pasokan jengkol yang dibeli dari warga lumayan banyak. Saya belinya dengan harga pantas, meski masih dalam kondisi ada kulitnya. Perkilo kisaran Rp 5.000 – Rp 6.000,” ujar Ju’adi, Jumat (5/2) sore.

Untuk nanti, lanjutnya, ia akan menjual dalam kondisi sudah bersih tidak berkulit ke agen besar di kota. Meski tidak menyebutkan berapa nominal keuntungan yang didapat, ia menjelaskan hasil yang didapat lumayan besar.

“Untuk periode ini saya ada stok sekitar 3 ton. Saya jual lagi dalam partai besar. Ada yang ke Palembang, ada juga keluar provinsi, seperti contohnya ke Pulau Jawa. Lumayan meski bisnis ini hanya saat musim jengkol berbuah, saya bisa memenuhi kebutuhan rumah tangga dan biaya hidup lainnya,” pungkasnya.

Diketahui, daerah Kecamatan Payaraman, khususnya di Desa Tebedak I ataupun II, masih sangat banyak hutan dan perkebunan warga. Meski bukan ditanam secara serius, di hutan ataupun kebun – kebun warga masih banyak terdapat pohon jengkol, dan saat ini pohon yang menghasilkan buah beraroma khas itu lagi musim berbuah. (Adie)

Bagaimana Menurut Anda