5 Siswa Asal OKI Berhasil Lolos Dalam Ajang KMS Tingkat Nasional

84

KAYUAGUNG-OKI, BERITAANDA – Lima (5) orang siswa berprestasi asal Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) Provinsi Sumatera Selatan berhasil lolos pada Kompetisi Matematika Suprarasional (KMS) tingkat nasional yang digelar di Bogor Jawa Barat pada April lalu.

Kelima orang siswa itu ialah Aben Raden Samudra Jaya yang merupakan siswa kelas IV SD IT Madani Kayuagung, Enjelia Dwi Ismawati siswi dari SDN 1 Sidomakmur, Putri Amelia siswi dari SDN 1 Sirah Pulau Padang, M. Rizky Aditia siswa kelas VII dari SMP Plus Literasi Petir dan Dyra Humaira Suwandi siswi dari SMAN 3 Unggulan Kayuagung.

Mereka peserta terbaik yang lolos pada final kompetisi matematika suprarasional rayon OKI yang diselenggarakan oleh Rumah Literasi OKI bekerjasama dengan Karang Taruna OKI, Sampoerna Agro dan Klinik Pendidikan Mipa (KPM) Bogor. Kompetisi tersebut berlangsung mulai dari Januari hingga April 2022 lalu.

Sebelumnya, kompetisi matematika suprarasional ini telah berlangsung selama 16 tahun, dan tahun ini adalah gelaran KMS yang ke-17 yang digelar secara daring.

“KMS adalah kompetisi matematika tingkat nasional dan terbesar yang diadakan oleh KPM, berisi soal-soal yang mengandalkan nalar dan juga berintegrasi dengan karakter, sehingga siswa tidak hanya pintar melainkan juga berakhlak baik,” ujar M. Hapiz selaku Ketua Harian Rumah Literasi OKI saat dihubungi, Ahad (8/5).

Hapiz menerangkan, kegiatan yang digagas oleh Duta Literasi OKI ini merupakan salah satu program kerja Rumah Literasi OKI. Adapun tujuannya untuk meningkatkan kecerdasan otak di kepala dan kecerdasan otak di dada, memetakan level kompetensi matematika siswa di jenjang SD/MI, SMP/MTS, dan SMA/MA.

“Kita ingin menemukan bibit unggul dan berpotensi dalam bidang matematika dan meningkatkan kompetensi literasi dan numerasi siswa, serta mengajak siswa untuk lebih dekat dengan Allah Subhanahu Wa Ta’ala,” ujar dia.

Seluruh peserta, terang Hapiz, telah mendapatkan e-sertifikat, sedangkan finalis mendapatkan trofi, medali, e-sertifikat, dan edu tour di Jakarta dan Bogor.

Salah satu peserta yang lolos babak final, Putri Amelia, merasa beruntung dapat mengikuti kompetisi matematika setingkat nasional ini.

“Kesempatan luar biasa bagi saya, punya pengalaman bertanding di tingkat nasional, tentu jadi pengalaman berharga bagi saya,” terang dia.

Putri juga berterimakasih kepada Duta Literasi OKI, M. Alki Ardhiansyah, yang memberi kesempatan kepada dirinya dan para siswa-siswi di OKI untuk berkompetisi di tingkat nasional.

“Terimakasih kepada Duta Literasi OKI melalui Rumah Literasi yang menghantarkan kami ke Jakarta dan Bogor melalui kompetisi KMS,” tutupnya. (Iwan)

Bagaimana Menurut Anda