Wabup Ajak Masyarakat Tapsel Gemari Konsumsi Ikan

229

TAPSEL-SUMUT, BERITAANDA – Wakil Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel) H. Aswin Efendi Siregar mengatakan, produksi ikan Tapsel memiliki kontribusi yang dominan terhadap produksi ikan air tawar di Sumatera Utara ((Sumut).

“Pada kesempatan ini, saya mengajak kita semua gemar mengkonsumsi ikan,” ungkap Aswin saat membuka lomba masak serba ikan, di aula pendopo rumah dinas Bupati Tapsel, Jalan Prof Lafran Pane, Sipirok, Senin (7/10/2019).

Dijelaskannya, data statistik sampai bulan Juni 2019 menunjukkan, Tapsel telah berhasil memproduksi ikan kurang lebih 3.864,04 ton. Dari segi perspektif kesehatan, ikan merupakan salah satu sumber protein bagi tubuh.

“Keterkaitannya dengan lomba masak serba ikan ini, bisa disadari konsumsi sehari-hari masyarakat senantiasa dikaitkan dengan protein,” sebut Aswin merujuk hasil perhitungan statistik Tapsel kosumsi ikan mencapai sebesar 43,45 kg/kapita/orang/tahun.

Selain sumber protein, ikan juga mengandung berbagai zat yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Karenanya, Aswin berharap adanya kegiatan lomba itu bisa memotivasi masyarakat Tapsel, agar terus meningkatkan konsumsi ikan dan menjadikannya sebagai menu sehari-hari.

“Untuk menjadikan ikan sebagai menu sehari-hari tentu dibutuhkan kreativitas dalam pengelolaannya. Agar ikan yang kita konsumsi lebih menarik dan dari pendekatan gizi setidaknya memenuhi standar dan norma angka kecukupan dan kehigienisannya,” ujar dia.

Menurut Kadis Perikanan Tapsel, Lely Anita Lubis menyampaikan kegiatan ini sesuai Perda No. 4 tahun 2018 tentang anggaran pendapatan dan belanja daerah tahun anggaran 2018 tanggal 23 September 2018 dan surat Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumut No. 5232:/1274/VIII/ 2019 tanggal 6 Agustus 2019 tentang lomba masak ikan.

“Tujuan dari lomba masak ikan ini ialah untuk meningkatkan keterampilan memasak berbahan baku ikan sekaligus memperkenalkan keanekaragaman masakan berbahan baku ikan kepada masyarakat dengan ragam inovasi masakan,” jelasnya.

Peserta lomba diikuti oleh seluruh Tim PKK Kecamatan se-Tapsel yang meliputi 15 kecamatan. Bagi peserta yang berhasil sebagai juara umum, nantinya akan menjadi utusan Tapsel ke Provinsi Sumatera Utara pada tanggal 5 November 2019.

Menu lomba terdiri dari tiga jenis masak ikan, yakni menu makanan keluarga yang berbahan baku ikan tenggiri, menu ikan untuk balita berbahan baku ikan dari daerah masing-masing, dan menu ikan untuk kudapan berbahan baku dari ikan yang berpotensi di masing-masing kecamatan.

“Dengan terselenggarannya acara ini bisa mendorong minat masyarakat untuk menciptakan menu-menu baru, sehingga minat masyarakat terhadap ikan terus meningkat,” harap Lely.

Pada kesempatan itu, Ketua TP PKK Tapsel Syaufia Lina Syahrul M. Pasaribu didaulat menjadi juri lomba, dengan dihadiri para Asisten, Kadis PPPA, Kadis Ketahanan Pangan, Kadis Kesehatan, Camat dan PKK Kecamatan se-Tapsel. (Anwar)

Bagaimana Menurut Anda