MN KAHMI Tambah Koleksi Buku Perpustakaan Prof. Lafran Pane

421

TAPSEL-SUMUT, BERITAANDA – Majelis Nasional Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (MN KAHMI) serahkan ribuan buku ke Perpustakaan Prof. Lafran Pane, sekaligus syukuran shooting perdana film ‘Demi Waktu’ yang merupakan sejarah biografi Prof. Lafran Pane di Desa Pangurabaan, Sipirok, Senin (7/10/2019).

Adapun buku yang diserahkan dari MN KAHMI sebanyak 1771 buku, sedangkan dari MD KAHMI sebanyak 166 buku. Penyerahan buku tersebut diserahkan secara simbolis dari MN KAHMI kepada Bupati Tapsel dan diperuntukkan untuk perpustakaan Prof. Lafran Pane.

Ketua Dewan Penasehat MN KAHMI Dr. Ir. H. Akbar Tanjung dalam sambutannya menyebut, Profesor Lafran Pane adalah tokoh nasional yang juga pendiri Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), dan ditetapkan sebagai pahlawan nasional yang tamat sekolah di Sipirok Tapsel.

“Prof. Lafran Pane termasuk alumni pertama Universitas Gajah Mada (UGM) tahun 1953, sekaligus pendiri HMI pada tanggal 5 Februari 1947. Tujuannya, untuk mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia dan mensejahterakan rakyatnya,” sebut dia.

Ketua MN KAHMI Dr. Herman Khaeron menuturkan, selain menghibahkan buku, kedatangannya di Sipirok Tapsel bersama Ketua Dewan Penasehat juga untuk membalas kebaikan Bupati Tapsel yang telah membangun Perpustakaan Prof. Lapran Pane.

“Patut diapresiasi, walaupun Dr. Ir. H. Akbar Tanjung selaku ketua dewan sudah sepuh, semangatnya untuk terus aktif dalam membimbing dan membina serta terus menjadi dinamisator dan penggerak KAHMI, khususnya bagi kami di MN KAHMI,” ujar Herman.

Sambung dia, Prof. Lafran Pane sebagai pendiri HMI yang menjadi organisasi mahasiswa terbesar saat ini. Disamping menyerahkan ribuan buku, juga untuk syukuran shooting perdana film ‘Demi Waktu’ yang mengisahkan perjalanan hidup Prof. Lafran Pane.

Menurut Ketua Dewan Penasehat MD KAHMI Tapsel yang juga Bupati Tapsel H. Syahrul M. Pasaribu, ada dua agenda penting, yakni menerima bantuan buku dari MN KAHMI dan pembuatan film perjuangan Prof. Lafran Pane.

Dijelaskannya, perpustakaan itu akan ditingkatkan menjadi perpustakaan online. Pada tahun 2020 sudah dapat diakses melalui android dan sejenisnya. Hal terpenting, melalui Perbup Tapsel seluruh jalan di komplek perkantoran Pemkab Tapsel ditetapkan dengan nama jalan Prof. Lafran Pane.

Sebelumnya, Koordinator MD KAHMI Tapsel yang juga Sekda Tapsel Parulian Nasution mengucapkan selamat datang kepada seluruh rombongan keluar besar KAHMI di gedung Perpustakaan Prof. Lafran Pane, dan terkhusus rasa salut terhadap Akbar Tanjung yang cintanya begitu besar kepada HMI.

Turut hadir dalam kunjungan ini mantan Duta Besar RI Denmark dan Lithuania DR. Boomer Pasaribu, mantan Wakil Ketua BPK RI Baharuddin Aritonang, Wabup Tapsel, Komisioner KPU RI dan Sumut, sejumlah pejabat Tapsel, Danramil dan Kapolsek Sipirok, para pengurus KAHMI Tapsel, tomas, toga, tokoh adat serta seluruh masyarakat Pangurabaan. (Anwar)

Bagaimana Menurut Anda