Ulah Siapa, Tumpukan Karung Dibakar dekat Semak Belukar

221

SEKADAU-KALBAR, BERITAANDA – Petugas Tim Reaksi Cepat (TRC) Pemadam Kebakaran dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BBPD) Pemkab Sekadau kemabali dibuat sibuk. Sabtu (21/9/2019) malam, mereka menerima laporan adanya api menyala di Km 04 Jl.Merdeka Timur Sekadau.

Setelah menerima informasi di grup WhatsAap (WA) BPBD, Bupati Sekadau Rupinus segera memberi perintah kepada petugas pemadam untuk terjun ke lokasi.

Di lokasi, petugas BPBD bersama BERITAANDA menemukan dua titik api pembakaran di satu hamparan lahan gusuran yang sangat berdekatan dengan semak belukar.

Tak menunggu lama, dengan water cannon dari tangki mobil pemadam BPBD, petugas segera menyiram api yang menyala hebat.

Tidak berapa lama, api berhasil dipadamkan petugas. Sisa pembakaran mengeluarkan bau yang sangat menyengat. Penasaran dengan benda yang terbakar, petugas pemadam melakukan pengecekan.

Hasilnya, diketahui benda yang terbakar berupa tumpukan sisa karung goni, dan ditemukan juga bekas kulit buah tengkawang serta latek.

Menurut petugas pemadam, beberapa waktu lalu juga dipadamkan api di lokasi yang sama. Dengan demikian, pembakaran benda yang diduga sampah tumpukan karung ini sudah terjadi yang kedua kali.

“Beberapa waktu lalu petugas kita juga memadamkan di lokasi ini,” ujar Edi Prasetyo, Sekretaris BPBD Sekadau yang ikut terjun ke lokasi.

Atas laporan tim pemadam, Bupati Rupinus kembali meminta petugas berkoordinasi dengan kepolisian, agar menyelidiki kebakaran tersebut.

Selang beberapa menit setelah api dipadamkan, Kasat Intelkam Polres bersama personel dan Reserse datang ke lokasi kebakaran. Pengecekan tumpukan sampah yang terbakar dan jalan tikus semak belukar dilakukan aparat.

Pantauan di lapangan, di beberapa sudut lokasi kebakaran ditemukan tumpukan – tumpukan sisa kulit buah tengkawang yang sudah mengering. (Arni)

Bagaimana Menurut Anda