Syaufia Ajak Segenap Kader PKK Desa Bekerjasama

329

TAPSEL-SUMUT, BERITAANDA – Ketua TP PKK Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) Syaufia Lina Syahrul M. Pasaribu mengajak seluruh kader PKK desa untuk bekerja sekarang. Apapun bisa dilakukan bila bekerja bersama-sama.

Ajakan itu disampaikannya saat menjadi narasumber pada kegiatan Latihan Pengelolaan Program dan Penyuluhan Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (LP3 PKK) tingkat desa se-Kecamatan Angkola Sangkunur, di aula Sarasi II, kantor Bupati Tapsel, Sipirok, Jumat (20/9/2019).

Turut hadir Ketua TP PKK Kecamatan Angkola Sangkunur, Kepala Desa se-Kecamatan Angkola Sangkunur, Ketua MUI Kecamatan setempat, Ketua TP PKK Desa dan anggota se-Kecamatan Angkola Sangkunur, serta pendamping desa.

“Tidak ada alasan tidak ada dana dan atau malas bekerja. Visi misi PKK ialah terbentuknya keluarga yang sejahtera di dalam lingkungan masing-masing. Kegiatan PKK bukan pekerjaan sekali saja, tetapi berulang-ulang seperti 10 pokok program PKK,” kata Syaufia.

Dalam pelatihan tersebut, Syaufia pun menegaskan serta menyelaraskan apa itu LP3. PKK. Bagaimana sebenarnya gerakan PKK di tengah-tengah masyarakat, dan seberapa besar peran PKK dengan tugas pokok kepala desa.

Ketua TP PKK Tapsel itu menegaskan agar para kepala desa memberi ruang kepada Ketua TP PKK Desa, supaya punya andil di desa tersebut. Dengan memberi pembekalan, maka kader PKK akan bersosialisasi dengan masyarakat.

Pada kesempatan itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa M. Yusuf memberi apresiasi kepada seluruh TP PKK Desa, saat membuka pelatihan LP3 PKK tingkat desa se-Kecamatan Angkola Sangkunur.

“Di hari keempat ini peserta mengikuti pelatihan dengan serius dan semangat. Nantinya, ibu kader-kader PKK mampu memposisikan diri atau memperankan diri sebagai penyuluh pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga di tengah masyarakat,” tutur Yusuf.

Ditambahkannya, saat ini potensi desa untuk maju dan berkembang sangat luar biasa, tetapi itu semua tergantung pada masyarakat desa, terkhusus ibu-ibu kader PKK yang ada di desa untuk bagaimana memanfaatkan peluang yang ada.

Sementara Camat Angkola Sangkunur Muhammad Tohor menjelaskan, kegiatan LP3 PKK ini diikuti sedikitnya tujuh desa dengan jumlah keseluruhan 110 orang. Dua desa diantaranya adalah desa binaan, yaitu Desa Perkebunan dan Desa Aek Pardomuan. (Anwar)

Bagaimana Menurut Anda